Latihan TUC US
2021
I.
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan mengetik A, B, c, atau D!
1. Bacalah kutipan teks berikut ini!
Hujan asam adalah hujan yang memiliki
kadar keasaman di bawah 5-6 (pH
dibawah 5,6 ). Perlu diketahui bahwa
hujan secara alami memiliki pH 6 atau sedikit di bawahnya. Hujan asam terjadi
karena zat belerang (sulfur) yang ada di atmosfer yang merupakan gas yang
dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil yang ada di bumi. Proses hujan asam juga terjadi karena
gas sulfur oksida yang mayoritas dikeluarkan dari asap-asap pabrik dan gas
nitrogen oksida yang dihasilkan dari kendaraan bermotor berkumpul menjadi
satu dan bereaksi dengan uap air yang ada di udara. Proses reaksi ini
menghasilkan asam nitrat yang berkondensasi membentuk awan yang menjadikannya
hujan asam. |
Pertanyaan yang sesuai teks
tersebut adalah ….
A.
Mengapa gas sulfur oksida dikeluarkan dari asap pabrik?
B.
Berapa lama terjadinya hujan asam?
C.
Bagaimana proses
terjadinya hujan asam?
D.
Kapan terjadinya hujan asam?
2. Bacalah
kutipan paragraf eksplanasi berikut!
Puting beliung adalah angin yang berputar
dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan
lama kejadian maksimum 5 menit. Orang awam menyebut angin puting beliung
adalah angin leysus, di daerah Sumatera disebut angin bohorok dan masih ada
sebutan lainnya. Angin jenis lain dengan ukuran lebih besar yang ada di
Amerika yaitu tornado mempunyai kecepatan sampai 320 km/jam dan berdiameter
500 meter. Angin puting beliung sering terjadi pada siang atau sore hari pada musim pancaroba. Angin
ini dapat menghancurkan apa saja yang diterjangnya, karena dengan pusarannya
benda yang terlewati terangkat dan terlempar. |
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
tersebut adalah ….
A. Puting beliung adalah
angin yang berputar dengan kecepatan kurang dari 63 km/jam
B. Puting beliung bergerak
secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit.
C. Angin tornado
mempunyai kecepatan melebihi 320 km/jam dan berdiameter 500 meter.
D. Angin puting beliung
sering terjadi pada sore atau
malam hari pada musim pancaroba.
3. Bacalah
paragraf eksposisi berikut!
Remaja adalah anak-anak sedang bertumbuh ke tahap dewasa. Seperti kita
ketahui bahwa tahap remaja yaitu dari umur 10 tahun hingga 18 tahun merupakan
umur-umur yang kritis karena mereka sedang mengalami pubertas sehingga emosi
merek tidak stabil. Mereka tidak dapat mengendalikan emosi karena mereka yang
belum matang. |
Makna
kata matang pada teks tersebut adalah ...
A. sudah tua C.
mulai dewasa
B. sudah empuk D.
siap dipetik
4. Bacalah kutipan paragraf berikut!
Manfaat wortel bagi kesehatan tubuh
antara lain menjaga kesehatan mata, mencegah rabun senja, mencegah penyakit
kanker, dan menghilangkan racun dalam tubuh. Selain dibuat jus, wortel juga
berguna untuk obat tradisional, mengobati demam pada anak, menghilangkan
nyeri haid, dan menyembuhkan luka bakar. |
Ide
pokok paragraf di atas adalah ….
A. Manfaat wortel bagi kesehatan tubuh C.
Wortel mengobati demam
B. Wortel menjaga keshatan
mata D. Wortel
menyembuhkan luka bakar
5. Bacalah teks diskusi berikut!
(1)
Pengaruh
tayangan televisi terhadap perkembangan anak dapat bersifat negatif dan
positif. (2) Terlalu sering menonton tayangan televisi yang mengandung
kekerasan akan memberikan dampak negatif pada anak. (3) Anak yang menonton
televisi tanpa kntrol bisa jadi menirukan hal-hal kurang baik, seperti
perilaku agresif dan tindak kekerasan. (4) Mereka menjadi sulit berbaur
dengan teman-teman sebayanya dan sulit mengekspresikan diri. |
Kalimat
utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1) C. (3)
B. (3) D. (4)
6. Bacalah teks berikut!
(1) Bisnis
jual pulsa merupakan salah satu cara untuk mendapat penghasilan tambahan
dengan cara mudah. (2) Sebagian orang berpendapat bahwa bisnis jual pulsa
sangat fleksibel karena bisa dilakukan pada saat kita sedang liburan. (3)
Namun, ada yang berpendapat bahwa
orang yang menjalani bisnis jual pulsa akan bergantung pada sinyal karena
mereka bisa bekerja ketika ada sinyal. (4) Ada pula yang berpendapat bahwa
bisnis jual pulsa merupakan pekerjaan yang melelahkan karena menuntut
seseorang untuk berjam-jam berada di depan layar handphone. |
Kalimat
yang mendukung persoalan terdapat pada nomor ....
A. 1
C. 3
B. 2 D. 4
7. Bacalah kutipan teks Laporan Hasil Observasi berikut!
Buah manggis memiliki beberapa manfaat. Di kalangan
masyarakat tradisional sendiri, buah manggis dipercaya bisa menyembuhkan
beberapa penyakit seperti sariawan, disentri, amandel, abses, dengan
kemampuan anti peradangan atau anti inflamasi. Hasil penelitian ilmiah
menyebutkan bahwa kulit buah manggis sangat kaya akan anti oksidan, terutama
xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin. Dalam kulit buah Manggis
juga mengandung air sebanyak 62,05%, lemak 0,63%, protein 0,71%, dan juga
karbohidrat sebanyak 35,61%. |
Hutan bakau memiliki beberapa fungsi dan manfaat.
Secara fisik hutan bakau dapat menahan abrasi pantai. Pada saat datang badai,
hutan bakau berfungsi sebagai penahan badai dan angin yang bermuatan garam.
Di samping itu, hutan bakau dapat menahan intrusi (peresapan) air laut ke
daratan. Hutan bakau juga menurunkan kandungan karbondioksida (CO2) di udara
dan penambat bahan-bahan pencemar (racun) di perairan pantai. Manfaat hutan
bakau juga dapat dilihat dari segi biologi. Hutan bakau menjadi tempat hidup
biota laut. Selain itu, masyarakat sekitar memanfaatkan hutan bakau sebagai
sumber mata pencaharian. Hutan bakau juga menyediakan beberapa unsur penting
bahan obat-obatan. |
Persamaan
isi kedua kutipan teks
tersebut adalah ....
A. menggambarkan
keadaan objek yang dibicarakan
B. menguraikan hasil penelitian dari objek yang
dibicarakan
C. menjelaskan ciri-ciri fisik dari objek yang dibicarakan
D. menguraikan tentang
manfaat objek yang dibicarakan
8.
Bacalah teks laporan hasil observasi berikut!
KUNANG-KUNANG Habitat kunang-kunang di tempat-tempat lembab, seperti rawa-rawa dan
daerah yang dipenuhi pepohonan. Kunang-kunang bertelur pada saat hari gelap,
telur-telurnya yang berjumlah antara 100 dan 500 butir diletakkan di tanah,
ranting, rumput, di tempat berlumut atau di bawah dedaunan. Pekuburan yang
tanahnya relatif gembur dan tidak banyak terganggu merupakan lokasi ideal
perteluran kunang-kunang. Pada umumnya, kunang-kunang keluar pada malam hari,
namun ada juga kunang-kunang yang beraktivitas di siang hari. Mereka yang
keluar siang hari ini umumnya tidak mengeluarkan cahaya. Seperti ciri-ciri serangga pada umumnya badan kunang-kunang dibagi
menjadi tiga bagian: kepala, thorax, dan perut (abdomen). Serangga
bercangkang keras (exoskeleton) untuk menutupi tubuhnya. Panjang badannya
sekitar 2cm. Bagian tubuh kunang-kunang hampir seluruhnya berwarna gelap dan
berwarna titik merah pada bagian penutup kepala. Warna kuning pada bagian
penutup sayap, berkaki enam, dan bermata majemuk. Jenis kunang-kunang
beragam. Pemeliharaan kunag-kunang dapat dilakukan dengan penangkaran. Dari
sejarah asalnya, kunang-kunang berasal dari daratan Cina. Makanan kunang-kunang adalah cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, cacing,
atau serangga. Bahkan kunang-kunang memangsa jenisnya sendiri. Kunang-kunang
betina sengaja berkelap-kelip seakan mengudang jenis pejantan. Setelah
pejantan mendekat, sang betina memangsanya. Makanan bagi hewan penting untuk
pertumbuhan. Dengan makanan pertumbuhan akan maksimal. Asupan yang maksimal
dapat memberikan kebugaran bagi mahluk hidup. |
Peta konsep yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
(Tulis saja peta konsepnya)
9. Bacalah
kutipan paragraf ulasan berikut!
(1) Buku ini menjelaskan bahwa
pendidikan merupakan kegiatan yang hanya dilakukan manusia yang mencakup
semua pengalaman serta pemikiran manusia tentang makna dari pendidikan. (2) Buku
ini mampu memberikan informasi tentang sumber nilai dan bagaimana manusia
dapat memperoleh nilai tersebut karena pendidikan pada dasarnya tidak dapat
dipisahkan dengan nilai. (3) Namun, buku ini kurang memberikan pemahaman bagi
pembaca, khususnya bagi pemula sehingga pesan yang mau diutarakan oleh pengarang
tidak tersampaikan kepada pembaca. (4) Meski demikian, buku ini sangat layak
dibaca karena pendidikan sebagai suatu praktik dalam kehidupan yang sama
dengan kegiatan lain, seperti kegiatan ekonomi, agama, hukum, dan lain-lain. |
Pernyataan yang merupakan kelebihan teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) C.
(3)
B. (2) D.
(4)
10. Bacalah
kutipan fabel berikut!
Pada suatu ketika di musim panas, ada gerombolan semut yang berjalan
dan membawa makanan di atas kepala mereka. Mereka terlihat sangatlah kompak.
Pemimpin mereka memberikan aba-aba ketika harus melangkah dan berbelok. Semut
tersebut selalu mengikuti petunjuk sang Pemimpin hingga tibalah mereka di
sarangnya.
Sesudah meletakkan hasil bawaannya, mereka berpisah untuk menjalankan
tugas lain. Ada salah satu semut yang masih muda. Ia penasaran dengan dunia yang
ada di luar sarangnya. Ia pun akhirnya izin kepada sang Pemimpin untuk pergi
dan melihat-lihat dunia luar. Sang Pemimpin pun menjawab, Anakku, apabila
engkau hendak pergi untuk jalan-jalan, boleh saja. Namun, engkau harus
hati-hati karena di luar sarang ini dunia amat luas dan juga kejam,” pesan
pemimpin tersebut. Sesudah menyiapkan bekal, semut pun pamit kepada sang
Pemimpin |
Pernyataan yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah
....
A. Pemimpin semut tak pernah memberikan aba-aba kepada
gerombolan semut yang membawa makanan ketika harus melangkah dan berbelok
B. Pemimpin semut tidak mengizinkan semut kecil yang
penasaran untuk melihat-lihat dunia ada di luar sarangnya
C. Semut kecil penasaran dengan dunia yang ada di luar
sarangnya, kemudian pergi melihat-lihat dunia luar tanpa meminta izin kepada
sang Pemimpin
D. Ketika musim panas, gerombolan semut terlihat sangat
kompak bekerja membawa makanan di atas kepala mereka
11.
Perhatikan kutipan teks berikut!
Aku
tidak bisa berenang sepertimu dan ikan, tetapi aku bisa terbang mengitari
angkasa. Burung kembali berkata dengan bijak, “Itulah yang kumaksud Ulu, kita
masing-masing memiliki kelebihan sendiri. Semut tidak bisa berenang
sepertimu, tetapi ia bisa menyusup ke tempat-tempat kecil yang tidak dapat
kau lewati. |
Makna kata “menyusup” pada kutipan teks fabel tersebut
adalah ....
A.
menarik
ke atas C.
menyeruduk
ke bawah
B.
meraba
ke bawah D. mendorong
ke depan
12.
Bacalah
kutipan syair berikut!
Dengarlah wahai ananda Rajinlah belajar sepanjang masa Ilmu tiada pernah habis dieja Sebagai bekal sepanjang usia Dengan ilmu engkau terjaga Dari suramnya waktu dan masa Cemerlang akan senantiasa Menyinari dirimu di masa
dewasa |
Amanat dari kutipan syair
tersebut adalah ...
A.
Tuntutlah
ilmu jangan dieja sebagai bekal hari tua
B.
Tuntutlah
ilmu setiap waktu agar dirimu bersinar
C.
Belajarlah
agar kamu terjaga sepanjang masa
D.
Belajarlah
sepanjang masa sebagai bekal hari tua
13. Bacalah kutipan fabel berikut!
Di tengah-tengah hiruk pikuk para
lebah dan kupu-kupu
menghisap bunga ada seekor kupu-kupu yang tampaknya sedang malas
bekerja. Ia hanya termenung di pinggir taman bunga dan tidak mau bekerja
seperti teman-temannya. Ia merasa malu untuk terbang karena sayapnya tidak
berwarna cerah seperti teman-temannya. Sebut saja namanya si Kupik. Hingga
suatu saat ada kupu-kupu yang datang menyapanya. "Hai Kupik kamu kenapa
tidak terbang bersama kami,"
temannya bertanya. Si Kupik menjawab, "Aku
malu karena sayapku tidak seperti kalian, sayap kalian berwarna sedang aku tidak, sayapku
tidak cemerlang," sedih si Kupik. Kupik hanya
meratapi sayapnya, tetapi ia tidak
mau berusaha. |
Pertanyaan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
A. Mengapa kupu-kupu menghisap bunga ada seekor
kupu-kupu tampak malas bekerja melihat Kupik
tidak mau terbang bersama kupu-kupu yang lain?
B. Mengapa para lebah hanya duduk termenung di pinggir taman
dan tidak mau bekerja seperti yang lain?
C. Apa yang dilakukan teman-teman Kupik ketika Kupik
mengatakan bahwa sayapnya tidak berwarna?
D. Mengapa Kupik hanya termenung di pinggir taman bunga dan
tidak mau bekerja seperti teman-temannya?
14. Bacalah kutipan fabel berikut!
Suatu hari, si Kancil sedang
berjalan-jalan di tengah hutan. Tiba-tiba ia merasa kehausan sehingga
memutuskan untuk mencari danau terdekat agar bisa minum. Ketika berhenti di
pinggir sungai, ia bertemu si Kerbau yang kakinya dalam keadaan digigit
buaya. Si Kancil menaruh iba pada si Kerbau dan berinisiatif untuk menolong
kawannya. Buaya diminta untuk melepaskan kaki si Kerbau dan mengulang
kejadian sebelum ia menggigit kerbau. Kaki si Kerbau dilepaskan, Kancil
meminta si Kerbau merobohkan pohon di sampingnya dan menjatuhkannya tepat di
atas punggung buaya. Kini kerbau sudah terbebas dari jeratan buaya dan ia
tidak lupa mengucapkan terima kasih pada si Kancil. |
Urutan yang tepat peristiwa dalam kutipan fabel tersebut
adalah ....
A.
Kancil
berjalan-jalan – haus mencari danau – ketemu kerbau yang kakinya digigit buaya
– menolong kerbau – meminta buaya melepas kaki kerbau – meminta kerbau
merobohkan pohon dan menjatuhkannya di atas punggung buaya – kerbau selamat –
kerbau mengucapkan terimakasih kepada kancil
B.
Kancil
berjalan-jalan – haus mencari danau – ketemu kerbau yang kakinya digigit buaya
– menolong kerbau – meminta buaya melepas kaki kerbau – meminta kerbau
merobohkan pohon dan menjatuhkannya di atas punggung buaya – kerbau selamat –
kerbau mengucapkan terimakasih kepada kancil
C.
Kancil
berjalan-jalan – ketemu kerbau yang kakinya digigit buaya – haus mencari danau
– menolong kerbau – meminta buaya melepas kaki kerbau – meminta kerbau
merobohkan pohon dan menjatuhkannya di atas punggung buaya – kerbau mengucapkan
terimakasih kepada kancil – kerbau selamat
D.
Kancil
berjalan-jalan– menolong kerbau – haus mencari danau – ketemu kerbau yang
kakinya digigit buaya– meminta buaya melepas kaki kerbau – meminta kerbau
merobohkan pohon dan menjatuhkannya di atas punggung buaya – kerbau selamat –
kerbau mengucapkan terimakasih kepada kancil
15. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Si kecil hitam menjadi sedih. "Mengapa buluku
berwarna hitam?"keluhnya. Si kecil hitam lalu berniat
mengubah bulunya menjadi putih. Ia menceburkan dirinya ke dalam ember cat
putih. Dalam sekejap, bulu-bulunya pun berwarna putih. "Mbeeeekkkk!" soraknya kegirangan. Ia
menghampiri anak-anak kambing putih dan bermain bersama mereka. Ia merasa
sangat senang. Saat sedang bermain, tiba-tiba
langit menjadi gelap. Hujan deras pun turun. Akibatnya, cat putih di tubuh si
kecil hitam menjadi luntur. Kambing-kambing putih berteriak kesal melihatnya. "Pantas hujan turun! Pasti
gara-gara kambing hitam bermain bersama kita. Dia memang pembawa
masalah!" Si kecil hitam sedih sekali. Ia berlari pulang dan
bertanya pada ibunya. "Apa betul, kambing hitam
memang pembawa masalah?" "Tentu saja tidak, Nak.
Kambing-kambing putih menjauhi kita hanya karena kita berbeda. Tapi jangan
khawatir. Ibu yakin, suatu saat mereka akan menyadari kalau pendapat itu
salah..."
(Dongeng Si Hitam dan
Putih) |
Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah …
A. Sikap
anak kambing hitam tehadap anak kambing putih patut diteladani.
B. Tindakan
anak kambing putih menceburkan ke cat sesuai nilai religius.
C. Sikap
ibu kambing putih terhadap aduan anaknya menunjukkan ibu yang bijaksana.
D. Kambing
putih dan kambing hitam merupakan potret seuruh kehidupan manusia
16. Bacalah kutipan fabel berikut!
Dikisahkan pada suatu hari yang
cerah, ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena
bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman
sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu. Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon.
Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke
mana-mana. “Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa bergantung
di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu
jika ranting itu patah? |
Keunggulan kutipan teks
fabel tersebut adalah ....
A. Berkisah tentang kehidupan binatang yang cocok untuk
remaja
B. Bahasa yang digunakan sangat komunikatif sehingga mudah
dipahami
C. Pesan morl tersurat sehingga pesanya dengan mudah dapat
dipahami
D. Bahasanya indah karena banyak menggunkan kata kiasan
17.
Bacalah paragraf rumpang berikut!
Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat [...]
cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh “sinar
dingin” yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah. Terdapat
lebih dari 2000 spesies kunang-kunang yang [...] di daerah tropis di seluruh
dunia. |
Kata bentukan yang tepat
untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. dikeluarkan, menyebar C.
mengeluarkan, menyebar
B. dikeluarkan, disebar D.
mengeluarkan, tersebar
18.
Bacalah teks berikut!
Jalur penerbangan di sekitar Gunung
Kerinci sebaiknya dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki [...] letusan
abu dengan ketinggian yang mengganggu penerbangan. |
Istilah
yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A.
seleksi C.
dimensi
B.
potensi D.
efektif
19. Cermati kerangka
teks laporan hasil observasi berikut!
Judul
: Enceng Gondok
I.
Keuntungan
memanfaatkan enceng gondok. II.
Enceng
gondok termasuk kelompok tanaman gulma perairan. III.
Enceng
gondok berkembang biak melalui biji dan tunas yang berada di atas akar. IV. Enceng gondok memerlukan sinar matahari selama hidupnya. |
Urutan yang tepat
agar menjadi kerangka teks laporan hasil observasi yang logis adalah
A. II – III – I – IV C.
II – IV – III– I
B. II – I – III – IV D.
II – III – IV – I
20. Perhatikan teks prosedur berikut!
Banyak handphone (HP) yang kembung atau sudah
tidak bisa menyimpan strum atau
daya. Salah satu faktornya kesalahan saat pengisian daya. Inilah cara
pengisian daya yang dianjurkan: (1) (1) Setelah
itu masukkan stopkontak ke aliran
listrik. (2) Cabut stopkontak
setelah HP terisi penuh (100%). (3) Matikan HP atau di-off-kan! (4) Sambungkan kabel ke tempat pengisian daya pada HP. (5) Pastikan posisi HP agar terisi maksimal |
Urutan yang tepat agar
menjadi teks prosedur yang logis adalah ....
A. (3), (4), (1), (5), (2) C.
(4), (1), (5), (3), (2)
B. (3), (4), (5), (1), (2) D.
(4), (3), (5), (1), (2)
21.
Perhatikan teks prosedur berikut ini!
Cara
Membuat Telur Gulung (1)
Kocoklah dua butir telur hingga tercampur rata. Kemudian, tambahkan garam,
lada, dan kaldu bubuk secukupnya. (2)
Masukkan maizena cair dan sedikit air lalu aduk hingga rata. (3)
[. . .] (4)
Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah itu , masukkan tusuk sate
terlebih dahulu dalam minyak yang sudah dipanaskan. Kemudian, tuang telur
yang ada dalam botol ke dalam wajan. (5)
Selanjutnya, tarik telur dengan tusuk sate ke pinggir wajan lalu gulung.
Angkat dan ulangi semua proses ini hingga telur habis. |
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi teks prosedur tersebut adalah ….
A.Masukkan telur yang telah dicampur
maizena ke dalam botol yang tutupnya sudah dilubangi.
B.Masukkan daun bawang ke dalam adonan
telur lalu kocok hingga hingga tercampur.
C.Masukkan telur yang telah dikocok ke
dalam wadah yang telah disiapkan.
D.Tuang telur ke dalam penggorengan
secara perlahan-lahan.
Fakta berita:
sebuah sedan menabrak pembatas jalan
supir mengantuk
tidak ada korban jiwa
ditangani aparat polisi
Teks
berita yang tepat sesuai fakta tersebut adalah ….
A. Telah terjadi kecelakaan tunggal sebuah sedan
menabrak pembatas jalan. Diduga penyebabnya karena pengemudi mengantuk.
Pengemudi sedan mengalami luka berat di kepalanya karena benturan dan sedan
tersebut rusak parah bagian depannya. Kecelakaan tersebut membuat jalan menjadi
macet.
C.
Telah terjadi kecelakaan antara sebuah sedan
dengan metromini. Diduga penyebabnya karena pengemudi dibawah pengaruh alkohol.
Pengemudi sedan mengalami luka berat di kepalanya karena benturan dan sedan
tersebut rusak parah bagian depannya. Kecelakaan tersebut membuat jalan menjadi
macet. Polisi lalu lintas sedang menyelidiki di lokasi kejadian.
C.
Telah terjadi kecelakaan tunggal sebuah sedan
menabrak pembatas jalan. Diduga penyebabnya karena pengemudi mengantuk. Tidak
ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kecelakaan tersebut sudah ditangani polisi
sehingga lalu lintas lancar kembali.
D. Telah terjadi kecelakaan antara sebuah sedan
dengan truk tangki air minum. Diduga penyebabnya karena pengemudi mengantuk.
Pengemudi sedan mengalami luka berat di kepalanya karena benturan dan sedan
tersebut rusak parah bagian depannya. Kecelakaan tersebut sudah ditangani
polisi lalu lintas.
22. Perhatikan
kutipan cerita berikut ini!
Kata
yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah ….
A.mengangkat C.membawa
B.menggotong D.memanggul
23.
Seperti setitik bintang di kegelapan malam, terkadang kita tak menyadari
ada cahaya kecil dalam malam yang gelap, yang kita beri nama “bintang” . Betapa
indahnya cahaya itu walaupun tak bisa menerangi malam. Tetapi lain halnya ketika
kita melihat setitik noda di atas kain putih yang membentang. Kita justru
terfokus pada noda yang kecil, dan seolah lupa betapa bersihnya kain itu
terlepas dari setitik noda yang ada, yang mungkin bisa hilang hanya dengan
sedikit detergent pemutih. Itulah hidup, kadang-kadang kita lupa untuk
memandang sesuatu dari sisi lain yang dimiliki.
Makna ungkapan setitik bintang di kegelapan malam pada kutipan cerpen tersebut
adalah ….
A. sebuah bintang kecil di langit yang
gelap C. sebuah nyala lilin ketika listrik padam
B.
secercah cahaya di tengah kegelapan D. lampu senter yang menerangi jalan
gelap
Sesungguhnya terdapat banyak kelompok
persawahan lain. Masing-masing punya nama dan makna tersendiri. [ ….] Dendang
itu kadang-kadang dalam bentuk siul, gumam, bisik, atau tarikan napas yang
panjang dan dalam.
Kalimat bermajas yang tepat untuk melengkapi cerita rumpang
tersebut adalah ….
A. Tumpuk-tumpuk
sawah itu mulai ditanami padi sehingga warnanya hijau dan ada suara burung
bersautan.
B. Tumpuk-tumpuk
sawah itu penuh dengan tanaman padi yang mulai menguning pertanda panen segera
tiba,
C. Tumpuk-tumpuk
sawah itu berwarna kuning keemasan sehingga anak-anak riang berdendang di
sekitarnya.
D. Tumpuk-tumpuk
sawah itu mulai berdendang banyak dan panjang melagukan kehidupan anak manusia.
Suatu hari, ayah Bawang Putih sakit keras
dan kemudian meninggal. Tinggallah Bawang Putih bersama ibu dan saudara
tirinya. [ …] Namun, Bawang Putih menerima kehidupan itu dengan tabah.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan
cerita di atas adalah ….
A. Suatu hari, Bawang Putih mencuci baju ibu
dan saudaranya di sungai.
B. Hari demi hari Bawang Putih disiksa oleh Bawang
Merah dan ibunya.
C. Ada satu baju yang terhanyut, Bawang Putih
pun mengejar baju itu.
D. Mereka sering memarahi Bawang Putih tanpa
alas an yang jelas.
27.
Perhatikan teks prosedur berikut!
Langkah-langkah
membuat tempe penyet
a.
Potong
tempe menjadi dua bagian lalu goreng sampai kecoklatan
b.
Goreng cabai, trasi, dan tomat sampai matang
c.
Ulek bahan yang telah digoreng
d.
Tambahkan garam dan gula
e.
Letakkan tempe di atas sambal dan dipenyet-penyet
Tempe
penyet siap dihidangkan
Teks prosedur tersebut dapat diubah menjadi teks eksposisi
yang tepat adalah ….
A.
Di warung makan ini, tempe digoreng sampai kecoklatan dan
aromanya membangkitkan selera makanku. Apalagi cabai, tomat, dan trasi yang
digoreng semakin menambah rasa laparku. Gadis cantik pelayan warung itu yang
mengulek sambel lalu menghidangkan tempe penyet di hadapanku. Sudah lama warung
ini menjadi langgananku.
B.
Membuat tempe penyet sangat mudah. Tempe seukuran empat jari
dipotong menjadi dua bagian lalu digoreng sampai kecoklatan. Bahan sambal
terdiri dari cabai, tomat, dan trasi digoreng sampai harum. Ulek bahan sambal
sampai halus dengan ditambah gula dan garam. Penyet-penyet tempe di atas sambal
dan siap dihidangkan.
C.
Tempe penyet adalah makanan yang murah dan bergizi. Karena
hanya dua potong tempe goreng dan sambal yang berbahan cabai, tomat, trasi,
gula, dan garam sudah bisa menjadi teman makan nasi. Dengan memenyet tempe
goreng di atas sambal, tempe penyet sudah siap dinikmati.
D.
Sebaiknya kita belajar menyukai hidangan tempe penyet. Hanya
dengan tempe goreng dua potong dan sambal sudah menjadi teman makan nasi.
Sambal sedap itu berbahan cabai, tomat, trasi, gula, dan garam. Seperti sambal
pada umumnya, semua bahan itu diulek sampai halus. Tempe goreng dipenyet di
atas sambal dan kita siap menikmatinya.
28. Cermati
teks berikut!
Sunarto
duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Dia memandang apartemen yang ada di hadapannya. Wajahnya nampak
serius.
“To...,
To..., sudah masuk. Makan tuh. Sudah emak buatin oncom sama lenca kesukaanmu”
kata Ma Inah dari dalam.
“Sebentar, Ma. Toto belum lapar” kata
Sunarto suaranya lesu.
“Aku heran, Ma. Daerah kampung seperti
ini, kok orang mau mendirikan apartemen:”
Cerita
dengan sudut pandang yang berbeda dari cerita tersebut adalah....
A.
Dia
duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Dia memandang apartemen yang
ada di depannya. Wajahnya nampak serius.
“To..,To.., sudah masuk. Makan tuh,
sudah ema buatin oncom sama lenca kesukaannya,”kata Ma Inah dari dalam.
“Sebentar, Ma. Toto belum lapar,” kata
Dia suaranya lesu.
“Aku heran, Ma. Daerah kampung seperti
ini, kok orang mau mendirikan epartemen”
B.
Mereka
duduk di kursi bambu di samping pintu rumahnya. Mereka memandang apartemen yang
ada di depannya. Wajahnya Nampak serius.
“To...,To...,sudah masuk. Makan tuh, sudah ema
buatin oncom sama lenca kesukaannya, kata Ma Inah dari dalam.
“sebentar, Ma. Toto belum lapar,”kata mereka
suaranya lesu.
“Aku heran, Ma. Daerah kampung seperti ini, kok
orang mau mendirikan apartemen.”
C.
Aku
duduk di kursi bambu di samping pintu rumahku. Aku memandang apartemen yang ada
di hadapanku. Wajahku mungkin nampak serius.
“To...,To...,sudah .... masuk. Makan tuh
sudah ema buatin oncom sama lenca kesukannmu, kata Ma-ku dari dalam.
“Sebentar Ma, Toto belum lapar; kataku
lesu.
“Aku heran, Ma. Daerah kampung seperti
ini, kok orang mau mendirikan apartemen.
D.
Kami
duduk di kursi bambu di samping pintu rumah kami. Wajah kami nampak serius.
“To...,To..., sudah masuk. Makan
tuh sudah ema buatin oncom sama lenca
kesukaanmu” Ma. Toto belum lapar,” kata kami suaranya lesu.
“Aku heran, Ma Daerah kampung seperti ini kok
orang mau mendirikan apartemen.”
29. Bacalah teks laporan berikut ini!
Sejak zaman
dahulu, nenek moyang kita telah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan
manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin aloe vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga
bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lidah buaya mempunyai cirri-ciri daun
berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening
sebagai daging.
Judul
yang tepat untuk teks tersebut adalah ….
A. Manfaat Lidah
Buaya C.
Sejarah Lidah Buaya
B. Asal Mula
Lidah Buaya D.
Keunikan Lidah Buaya
30. Bacalah
teks berikut ini!
(1) Kelelawar
merupakan mamalia. Kelelawar satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Ada
lebih dari seribu jenis kelelawar seperti kelelawar vampir, kelelawar telinga
panjang, kelelawar ekor-tiga, dan kelelawar buah. (2) Kelelawar
tampangnya mirip tikus dan saat terbang bersama mereka seperti tikus terbang.
Beberapa kelelawar makan darah, buah, ikan, dan juga kaktus. (3) Kelelawar
dapat mendengar dari jarak satu kilometer. Mereka jenis nokturnal. Kelelawar
melihat dengan pupil mereka sebab itu mereka membuka matanya lebar-lebar
untuk melihat. (4) Kelelawar
memiliki bayi. Kelelawar menyusui anaknya selama setahun memiliki tiga bayi. |
Kutipan di atas yang merupakan
struktur teks laporan
bagian umum terdapat pada nomor….
A.
(1) C.
(3)
B. (2) D.
(4)
31. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
(1)
Dunia perairan menjulukinya dengan monster dasar laut.
(2)
Seekor ikan angler fish bertengger di
Bundaran Hotel Indonesia.
(3)
Ukuran badannya yang besar dengan mulut lebar dengan gigi taring melengkung dan
memanjang.
(4)
Ikan tersebut dengan wujudnya yang menyeramkan.
(5)
Di Indonesia, ikan ini dikenal dengan nama ikan sungut.
Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun
menjadi teks padu dengan susunan ….
A.
(2) – (1) – (5) – (4) – (3) C.
(2) – (5) – (1) – (4) – (3)
B. (2)
– (1) – (4) – (5) – (3) D.
(2) – (5) – (4) – (1) – (3)
32. Perhatikan teks berikut ini!
T
eks di
atas adalah jenis teks ….
A.
eksposisi C.
ulasan
B.
eksplanasi D.
laporan
33. Perhatikan
struktur teks berikut ini!
1. Orientasi
2. Komplikasi
3. Ajakan
4. Koda
Alasan kesalahan struktur teks
narasi tersebut adalah ….
A.
Struktur ketiga seharusnya resolusi.
B.
Struktur keempat seharusnya penegasan.
C.
Setelah orientasi seharusnya perumitan.
D.
Setelah komplikasi seharusnya argument.
34. Cermati teks berikut ini!
Lebah memiliki ciri fisik secara khusus. Sebagai serangga,
lebah memiliki tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Beberapa jenis lebah
memiliki sengat yang bersifat fatal. Jika sengat digunakan untuk menyengat akan
mengakibatkan kematian bagi lebah sendiri. Hal ini disebabkan oleh adanya
sengat dan kantong kelenjar yang terlepas dan tertancap pada sasaran. Seperti
cirri-ciri serangga pada umumnya badan lebah dibagi menjadi tiga bagian:
kepala, torak, dan perut. Lebah memiliki berbagai manfaat dalam dunia
kesehatan.
Alasan
kesalahan bagian teks laporan hasil observasi tersebut adalah ….
A.
Penjabaran ciri khusus lebah belum sampai pada jenis –jenis lebah.
B.
Deskripsi bagian manfaat lebah seharusnya dalam paragraf yang terpisah.
C.
Penggunaan konjungsi penyebaban seharusnya tidak diperlukan.
D.
Deskripsi bagian tersebut tidak dilengkapi dengan deskripsi umum.
35. Perhatikan teks berikut ini!
Kalimat yang menggunakan kata baku dalam teks tersebut ditunjukkan
dengan nomor ….
A.
(1) C.
(3)
B.
(2) D.
(4)
36. Cermati teks berikut ini!
(1)
Aku memiliki kucing kesayangan bernama Gembul. (2) Dia memiliki bulu yang halus
bagaikan sutera. (3) Bulu tubuhnya berwarna abu-abu, sedangkan pada kakinya
berwarna putih. (4) Gembul memang memiliki bentuk kaki yang lebih pendek dari
kucing pada umumnya. (5) Selain itu, dia memiliki hidung yang kecil dan kumis
yang agak panjang. (6) Matanya tampak indah karena berwarna hijau kekuningan
laksana kelereng. (7) Aku menyukai matanya, apalagi ketika dia terkejut sambil
membuka matanya lebar-lebar.
Kalimat
bermajas pada teks tersebut ditunjukkan dengan nomor ….
A.
(2) dan (3) C.
(2) dan (5)
B.
(2) dan (4) D.
(2) dan (6)
37. Cermati teks berikut ini!
Gedung
itu penuh pengunjung. Para pengunjung adalah peserta reuni. Mereka saling
bersalaman sebelum acara reuni itu dimulai.
Penggunaan
kata saling pada teks tersebut tidak tepat karena ….
A.
bersalaman terletak setelah kata saling
B.
bersalaman sudah menyatakan saling
C.
kata saling didahului dengan kata mereka
D.
kata saling maknanya sama dengan yang lain
38. Cermati teks berikut ini!
(1)
Mendaur ulang sampah, baik organik maupun anorganik, menjadi solusi yang dapat
digunakan untuk mengelola sampah-sampah yang ada. (2) Sampah-sampah tersebut
bisa didaur ulang menjadi pupuk, kerajinan tangan hingga pembangkit listrik.
(3) Oleh karena itu, mengelola sampah dengan cara daur ulang mesti dilakukan
secara optimal. (4) Hal itu dilakukan agar supaya sampah tidak memberikan
dampak buruk, baik bagi manusia maupun lingkungan.
Kalimat
tidak efektif dalam teks tersebut ditunjukkan dengan nomor ….
A.
(1) C.
(3)
B.
(2) D.
(4)
39. Perhatikan
kalimat berikut ini!
Ibu
pergi ke pasar membeli: bayam, wortel, dan tomat.
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca titik
dua (:) pada kalimat tersebut adalah ….
A.
Perincian pada kalimat tersebut tidak didahului dengan pernyataan umum.
B.
Perincian didahului dengan pernyataan lengkap.
C.
Pemerian pada kalimat tersebut berupa ungkapan.
D.
Pernyataan pada kalimat tersebut menunjukkan pelaku.
40. Perhatikan kalimat berikut ini!
Peserta didik SMP nusa bangsa menampilkan
tarian sumatra selatan, tarian kalimantan timur, dan tarian jawa tengah.
Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut adalah ….
A. Peserta
didik SMP Nusa Bangsa menampilkan Tarian Sumatra Selatan, Tarian Kalimantan
Timur, danTarian Jawa Tengah.
B. Peserta
didik SMP nusa bangsa menampilkan tarian Sumatra Selatan, tarian Kalimantan
Timur, dan tarian Jawa Tengah.
C. Peserta
didik SMP Nusa Bangsa menampilkan tarian Sumatra selatan, tarian Kalimantan
timur, dan tarian Jawa tengah.
D. Peserta
didik SMP Nusa Bangsa menampilkan tarian Sumatra Selatan, tarian Kalimantan
Timur, dan tarian JawaTengah.
II.
Soal Uraian
41. Bacalah
kutipan cerita di bawah ini!
Senja mulai merapat tatkala
aku tiba di kawasan Batu Pakke Gojeng. Dengan langkah gontai, aku menapaki
tangga demi tangga yang terbuat dari undakan bebatuan. Meski jalan menuju
puncak tidak begitu lebar, tapi aku bebas menoleh ke kanan atau ke kiri
karena tidak ada orang lalu lalang seperti saat pagi hari. Saat-saat seperti
itu tidak ada pengunjung yang berani di Puncak Gojeng. Konon saat-saat seperti
ini,’penjaga’ Gojeng akan menampakkan diri. Ia mewujudkan diri menjadi seekor
ayam hitam, ekornya panjang, berusia ratusan tahun. Banyak yang meyakini,
bila seseorang menjumpai sosok ‘penjaga’ itu, ia akan celaka. |
Aku tetap bertekad menuju puncak. Aku mencoba membuang
jauh-jauh pikiran takhyul itu, lalu membenamkannya di lautan Pulau Sembilan.
Dari Puncak Gojeng, aku bisa melihat deretan sembilan pulau yang menyembul
dari dasar laut. Para pelancong tidak sah rasanya bila berkunjung ke Sinjai
tanpa mampir di Gojeng. Di Puncak Gojeng inilah para pelancong bisa menikmati
panorama Kota Balanipa. Kota yang nampak asri serupa bidadari cantik nan
jelita mematung di bibir Teluk Bone. |
Sebutkan latar tempat dan waktu kutipan cerita tersebut!
42. Bacalah kalimat
berikut ini!
Banyak kerugian
yang dialami oleh manusia akibat gunung meletus. |
Tulislah
variasi kalimat tersebut dengan benar!
43. Bacalah teks berikut ini!
Buku
adalah sumber pengetahuan dan sumber informasi. Buku disebut juga sebagai […].
Dengan membaca buku, kita akan memperoleh pengetahuan dan informasi. Dengan
demikian membaca dapat memperbaiki kehidupan. Untuk itu usaha peningkatan minat
baca harus didukung agar taraf hidup masyarakat meningkat.
Lengkapilah teks di atas dengan menggunakan kata bermajas!
44. Bacalah kutipan cerita berikut ini!
“Ayo
keluar lewat lubang pagar ini,” bujuk si Hitam. “Kita main dekat pasar. Di sana
banyak makanan,” lanjutnya. Si Putih hanya terdiam, mematung di balik pagar.
“Ayolah
kita main sebentar saja,” seru si Belang meyakinkan si Putih.
“Tapi
… Non Sarah menyuruhku diam di rumah,” kata si Putih.
“Kita
sebentar saja. Sebelum tuanmu pulang kita sudah pulang. Ayo keluarlah!” bujuk
si Hitam lagi.
“Maaf
kawan. Aku tidak bisa,” kata si Putih.
“Ya,
sudah kalau kamu takut,” ketus si Belang dan si Hitam meninggalkan si Putih.
Ubahlah
kutipan cerita tersebut menjadi teks drama dengan memperhatikan kesesuaian isi, hubungan antardialog, ejaan, dan tanda baca!
45. Cermati kalimat berikut ini!
Tentukan 4 kata dalam kalimat tersebut yang salah dalam penggunaan
ejaan!
Kerjakan dengan menjawab secara tertulis di
google classroom.
Setelah selesai mengetik jawaban klik
“SERAHKAN”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar