SOAL AKM BAGIAN 3
Bacalah
model teks tanggapan tulisan, ulasan karya seni untuk nomor 1-3!
Konteks Pelukis : Affandi
Tahun
karya : 1981
Judul : Kebun Cengkeh
Media
: Cat minyak dan kanvas
Sebuah karya seni kelas tinggi dari sang pelukis maestro
Affandi, melukiskan sebuah pemandangan alam perkebunan cengkeh. Area perkebunan
berbukit masih alami. Tampak terlukis
apa adanya dari alam. Untuk menghidupkan
suasana pada lukisan, dihadirkannya
figur manusia sebagai objek pendukung. Inti dari lukisan menunjukkan adanya
aktivitas kehidupan yang menyatu dengan alam. Ekspresi goresan khas Affandi
terlihat unik, yang menjadikan lukisan ini istimewa.
Seperti pada kebanyakan lukisan Affandi yang selalu
menempatkan matahari sebagai bagian dari objek utama, tetapi dalam lukisan ini,
penempatan matahari tampak unik, seolah sang pelukis mengambil perspektif
posisi di balik matahari. Tampak dalam lukisan matahari tidak di balik bukit,
tetapi di atas bukit dan menutupi bukit. Keunikan ini mungkin hanya dimiliki
oleh Affandi, sebagai cara sudut pandang dia dalam berekspresi, di mana
kualitas imajinasinya sebagai seorang pulukis maestro ternama.
1.
Pernyataan
manakah yang benar berdasar teks tanggapan di atas?
Kamu boleh memilih beberapa jawaban.
A |
Konteks |
Tampak terlukis
apa adanya dari alam. |
B |
Deskripsi |
Untuk
menghidupkan suasana pada lukisan,
dihadirkannya figur manusia sebagai objek pendukung. |
C |
Deskripsi |
Inti dari lukisan menunjukkan adanya aktivitas
kehidupan yang menyatu dengan alam. |
D |
Penilaian |
Ekspresi goresan khas Affandi terlihat unik, yang
menjadikan lukisan ini istimewa. |
2. Setelah kamu mencermati infografis, apa yang menjadi
keunikan matahari dalam lukisan berjudul Kebun Cengkeh karya Affandi?
Kamu boleh memilih beberapa jawaban.
A |
menempatkan
matahari sebagai inti dari objek utama |
B |
seolah
sang pelukis mengambil perspektif posisi di balik matahari |
C |
tampak
dalam lukisan matahari tidak di balik bukit |
D |
matahari
di atas bukit dan menutupi bukit |
3. Pernyataan manakah yang keduanya benar?
Kamu boleh memilih beberapa jawaban.
A |
Maestro
= orang yang ahli di bidang seni |
Unik
= lain dari pada yang lain |
B |
Area
= jenis pupuk penyuburkan tanaman |
Ekspresi
= ungkapan |
C |
Khas
= lain dari yang lain |
Imajinasi
= daya pikir untuk mencipta |
D |
Figur
= bentuk atau tokoh |
Deskripsi
= pemaparan atau penggambaran |
Baca dengan cermat wacana
berikut ini!
Bantu
Ibunya Jualan, Pemuda Ini Ciptakan Robot Unik
Kasih sayang seorang Ibu kepada
anak tidak akan ada habisnya. Seorang anak pun dapat mengungkapkan kasih sayang
kepada ibunya dengan membantunya. Kisah inspiratif kali ini datang dari seorang
anak yang membantu ibunya berjualan dengan cara unik.
Agung Budi Wibowo adalah pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah. Ibu
dari Agung Budi Wibowo sudah cukup lama berjualan telur dadar mini. Sang ibu,
Praptining Utami, memiliki gangguan penglihatan sehingga tak bisa berjualan
dengan cekatan. Agung akhirnya berusaha mencari ide agar dapat membantu
ibunya berjualan.
Karena pernah bersekolah
di SMK jurusan teknik kendaraan, Agung memiliki ide untuk menciptakan
robot pembuat telur dadar mini. Ia kemudian belajar dari tayangan Youtube
tentang cara membuat robot. Pemuda ini mempelajarinya seorang diri dengan
tekun.
Modal yang dikeluarkan Agung dalam membuat robot itu sebesar Rp1,5
juta. Agung membuat robot tersebut dengan bahan baku dari lingkungan
sekitarnya, yaitu dari beberapa suku cadang motor, suku cadang pompa air, dan
alat pengatur untuk menjalankan robot itu. Bahan baku tersebut dirangkai
dan dirakit sehingga tercipta sebuah robot yang dinamai Egg Filling
Robot.
Setelah Agung membuatkan Egg Filling Robot, ibunya
mengaku sangat terbantu dalam berjualan. Pekerjaannya yang sebelumnya
sulit karena terkendala masalah penglihatan, sekarang menjadi mudah. Omzet
penjualannya sekarang naik menjadi dua kali lipat. Selain itu, banyak anak-anak
yang membeli telur dadar mini tersebut karena sangat antusias melihat aksi
robot yang mengisi adonan telur.
4.
Faktor
apa yang memotivasi Agung menciptakan egg
filling robot?
(Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban)
A.
Agung
ingin meringankan beban orang tuanya
B.
Agung
mempelajari dari aplikasi Youtube
C.
Agung
ingin menaikkan omzet penjualan telur dadar mini
D. Praptining yang tidak bisa berjualan dengan cekatan
karena gangguan penglihatan
Bacalah
cerpen berikut ini untuk soal 5-8!
Perjuangan
Seorang Gadis
Mengingatkanku pada sebuah
perjuangan seorang gadis yang ingin menggapai impiannya kala itu. Tepat setahun
yang lalu..
Ia baru saja lulus SMA. Seperti
siswa pada umumnya, ia ingin melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah. Semua
memberi pendapat. Keluarga, sahabat, guru hingga orang yang mungkin belum ia
kenal sebelumnya.
Dalam hatinya ia berkata Apa
yang harus aku lakukan? Mana yang harus aku dengar? Mana yang harus aku ikuti?
Semua ini membuatku bingung dan muak
Libur panjang setelah
pengumuman ujian telah tiba. Ia dinyatakan lulus. Namun kata “lulus” saat itu
belum memberinya angin segar. Waktu terus bergulir hingga waktu pengumuman
seleksi jalur rapor tiba. Tulisan warna merah dengan kata “maaf” yang tertera.
Ya, ia gagal melalui jalur itu.
Hatinya makin bergejolak
melihat teman-temannya yang sudah lolos tahap itu. Masih ada jalur ujian tertulis
yang menunggunya. Ia menunggu dengan secuil harapan yang tersisa.
Sembari menunggu waktu ujian
tertulis tiba. Ia mencari informasi beberapa perguruan tinggi swasta yang sudah
membuka pendaftaran. Ada satu perguruan tinggi swasta yang menarik minatnya. Ia
merenung dan memikirkan apa yang harus ia lakukan.
Aku bilang ke Ibu aja kali ya
“Bu, apa kuliah itu harus di
negeri ya? Kalo swasta gimana?” Tanyanya kepada ibunya
“Ya gak harus, tapikan kalo
negeri bisa gampang cari kerja dek”
“Ibu sama ayah pengen aku masuk
jurusan apa emangnya?”
“Ibu sama ayah sih pengennya
kamu di Biologi Murni atau Kedokteran Hewan dek. Biar sesuai sama jurusan kamu
sekarang. Kan kamu dari IPA”
“Oh, iya buk. Biar aku pikirin
dulu”
Ia kembali ke kamarnya dan
merenung
Apa? Biologi murni? Dokter
hewan? Aku gak pengen itu semua. Aku merasa gagal di jurusanku sekarang, dengan
hasil ujianku yang semua nilainya pas-pasan. Andai ibu bapak tau apa yang aku
rasakan saat ini. Aku bingung. Aku muak menjadi boneka yang selalu diam.
Ia membuka web mengenai
perguruan tinggi swasta yang menarik minatnya kemarin.
Entah apa yang membuatku
tertarik denganmu, hingga aku berkali-kali membuka web ini. Seperti ada magnet
yang menarikku dan aku seperti melihat jiwaku disana. Aku ingin mencoba tes
masuk perguruan tinggi swasta ini.
Ia mulai mengumpulkan
keberanian untuk mengatakan kepada kedua orangtuanya. Bahwa ia ingin mencoba
tes masuk perguruan tinggi swasta itu.
Di ruang keluarga, ia
menghampiri kedua orangtuanya..
“Bu, yah aku ingin mencoba tes
masuk perguruan ini”
“Ini di Bandung kan ya? Apa gak
kejauhan?” timpal ayahnya
“Iya yah, ini di Bandung. Gak
papa kan? Biar aku juga belajar mandiri”
“Mau ambil jurusan apa disini?”
sahut ibunya
“Aku pengen ambil jurusan yang
gak ada IPAnya buk”
“Loh bearti mau ambil jurusan
IPS?” kata ayahnya
“Iya yah. Aku rasa pilihanku di
IPA kemarin salah, kemarin di SMA aku udah nurut ayah sama ibu buat masuk
jurusan IPA. Tapi di bangku kuliah ini, aku mohon. Aku pengen milih jurusan
yang benar-benar aku inginkan, bukan karena ibu, ayah atau siapapun”
“Ya sudah, ibu dan ayah setuju
aja asal kamu seneng” kata ibunya
Persetujuan dari kedua
orangtuanya membuat gadis itu semakin bersemangat. Setiap hari ia belajar demi
tes yang akan ia hadapi. Sampai suatu hari..
“Ibu, kalo aku di Bandung
bakalan di tengok gak?”
“Siapa yang mau ke Bandung?
Masih ada kesempatan buat ujian tertulis. Ibu mau kamu kuliah yang deket aja”
Kata-kata itu membungkam
mulutnya. Ia tertegun dan hanya diam mendengar perkataan ibunya. Semangat yang
sudah dibangun seakan roboh dan hancur berantakan. Apalagi ini? Liburan panjang
atau penyiksaan panjang? Sesak rasanya. Aku kehilangan oksigen untuk bernapas
walaupun di sekelilingku penuh dengan oksigen.
Di sebuah chatroom, ada
seseorang yang memberinya semangat untuk menjalani tes masuk tersebut. Ya dia
teman yang baru ia kenal.
“Gimana ya, aku serasa pesimis
buat tes besok”
“Jangan pesimis dong, ayo
semangat. Tetep dijaga ya semangatnya. sampai ketemu di Bandung..”
Detik berganti menit, menit
berganti jam, jam berganti hari hingga tiba waktu untuk tes masuk perguruan
tinggi swasta itu.
“Ibu, ayah, aku berangkat dulu
ya. Do’ain tesnya lancar”
“Iya, ibu sama ayah do’ain yang
terbaik buat kamu” jawab ayahnya
“Ibu harus ikhlas ya aku kuliah
di Bandung, biar nanti tesnya juga lancar kalo ibu udah ikhlas. Ini yang aku
mau bu, aku harap ibu bisa ngerti”
“Ibu ikhlas, asal kamu seneng”
Setelah berpamitan dengan kedua
orangtuanya. Ia bergegas berangkat untuk mengikuti tes masuk.
Tes masuk telah usai. Ia
menunggu dengan cemas
‘Gimana kalo aku gak lolos? Aku
udah pengen banget masuk perguruan tinggi ini. Kalau aja pengumumannya sebelum
tes tertulis. Aku gak mau ikut tes tertulis lagi’.
Hatinya semakin gelisah dan
rasa pesimis semakin menggerogoti semangatnya.
“Ibu, kalo seandainya aku gak
lolos semua gimana ya?”
“Masa sih, putri ibu gak ada
yang lolos. Pasti ada yang lolos kok”
Tes tertulis tiba, ia berangkat
dengan setengah hati. Saat berpamitan dengan ibunya ia berkata
“Ibu, sejujurnya aku udah gak
pengen ikut tes ini lagi. Aku berharap untuk tidak lolos seleksi ini”
Menunggu adalah sesuatu yang
menyebalkan. Begitu pula yang dirasakan oleh gadis ini.
Di ambang ketidakpastian..
Ia selalu berdo’a dan memohan
yang terbaik untuknya. Harapannya hanya satu. Ia ingin lolos tes masuk bukan
tes tertulis. Gelisah mulai menjadi-jadi. Hari-hari yang ia lewati penuh dengan
ketidakpastian. Hingga tiba pengumuman tes masuk.
Aku yakin aku lolos, pasti
lolos
Tulisan berwarna hijau dengan
kata “selamat” tertera di web perguruan tinggi swasta itu. Seperti bangkit
kembali dan bisa bernapas dengan lega. Kabar gembira ini ia beritahukan kepada
kedua orangtuanya. Kedua orangtuanya merasa senang melihat senyum di wajah
putrinya. Kini ia tak menghiraukan hasil tes tertulis lagi. Lolos atau tidak, ia
akan tetap memilih perguruan tinggi swasta itu.
Sudah terhitung dua semester ia
menimba ilmu di perguruan tinggi swasta itu. Ia merasa menemukan jati dirinya
disana. Ia juga mendapat teman-teman yang menyayanginya dan dapat mengikuti
pelajaran dengan baik.
This
is me..
Sejatinya kita kuliah dimana
pun itu sama saja. Jangan merasa rendah apabila kuliah di swasta, begitu
sebaliknya jangan merasa tinggi kuliah di negeri. Timbalah ilmu sesuai dengan
keinginan dan kemampuanmu. Kuliah tak lagi sama dengan SMA, apalagi jika merantau.
Terpaan angin di luar akan semakin kencang. Carilah jati dirimu disana, buat
dirimu senyaman mungkin menghadapi kehidupan yang kian lama kian keras ini.
Ikuti kata hatimu dan apabila rencanamu belum berjalan, yakinlah rencana-NYA
sedang berjalan..
5. Aku muak menjadi boneka yang
selalu diam.
Apa maksud kalimat tersebut ..
a.
Tidak
mau menjadi boneka (badut)
b.
Jenuh
menuruti kehendak orang lain
c.
Tidak
suka diatur
d.
Menjadi
permainan anak-anak
6. Apakah pernyataan dalam tabel
berikut didukung teks di atas?
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Tokoh
Aku diterima di perguruan tinggi negeri |
|
|
Kuliah sama dengan SMA |
|
|
Ayah
dan Ibu ikhlas kalau aku kuliah di Bandung |
|
|
Kuliah
di perguruan swasta tidak bisa mencari pekerjaan |
|
|
7. Pasangkan
pernyatan berikut!
Soal |
Jawaban |
1. Aku kehilangan oksigen untuk
bernapas walaupun di sekelilingku penuh dengan oksigen. 2. Hatinya semakin gelisah dan
rasa pesimis semakin menggerogoti semangatn |
a.
Sesak nafas b.
Udaranya sangat kotor c.
Tidak bisa berbuat apa-apa
a.
Bingung dan tidak yakin b.
Santai dan yakin c.
Bingung dan yakin |
8. Apakah
pernyataan di bawah ini sesuai dengan teks beri tanda (√)!
Pernyataan |
Sesuai |
Tidak sesuai |
1. Lulus
SMA dengan nilai memuaskan 2. Tidak
lolos seleksi masuk perguruan negeri melalui jalur rapor 3. Aku
menemukan jati diri saat kuliah di perguruan tinggi swasta |
|
|
9. Berdasarkan banyaknya beras yang terjual, perbandingan paling
sederhana antara persediaan dengan penjualan
beras IR 42 pada bulan Juli
adalah
a. 100 persen
banding 50
b. 100 persen banding 50 persen
c. 100 persen banding 20 persen
d. 100 persen banding 40 persen.
10. Jelaskan menurut pendapatmu penjualan beras
merah paling sedikit pada bulan juli !
11. Pilihlah jawaban yang benar, perbandingan antara
persediaan dengan penjualan beras pada bulan Juli sesuai diagram di atas!
a. Rojolele: 800 kg – 650 kg
b. Beras merah: 400 kg – 300 kg
c. IR 46: 400 kg – 180 kg.
d. IR 42: 400 – 100 kg
12. Urutan penjualan beras pada bulan juli yang
paling banyak dan paling sedikit adalah:
a. Pandan Wangi
b. Rojolele
c. IR 42
d. Beras Merah.
Bacalah
cerpen Roro Jonggrang di bawah ini untuk nomor 13-16!
Roro Jonggrang
Alkisah
pada zaman dahulu kala, berdiri sebuah kerajaan yang sangat besar yang bernama
Prambanan. Rakyat Prambanan sangat damai dan makmur di bawah kepemimpinan raja
yang bernama Prabu Baka. Kerajaan-kerajaan kecil di wilayah sekitar Prambanan
juga sangat tunduk dan menghormati kepemimpinan Prabu Baka.
Sementara
itu di lain tempat, ada satu kerajaan yang tak kalah besarnya dengan kerajaan
Prambanan, yakni kerajaan Pengging. Kerajaan tersebut terkenal sangat arogan
dan ingin selalu memperluas wilayah kekuasaanya. Kerajaan Pengging mempunyai
seorang ksatria sakti yang bernama Bondowoso. Dia mempunyai senjata sakti yang
bernama Bandung, sehingga Bondowoso terkenal dengan sebutan Bandung Bondowoso.
Selain mempunyai senjata yang sakti, Bandung Bondowoso juga mempunyai bala
tentara berupa Jin. Bala tentara tersebut yang digunakan Bandung Bondowoso
untuk membantunya untuk menyerang kerajaan lain dan memenuhi segala
keinginannya.
Hingga
Suatu ketika, Raja Pengging yang arogan memanggil Bandung Bondowoso. Raja
Pengging itu kemudian memerintahkan Bandung Bondowoso untuk menyerang Kerajaan
Prambanan. Keesokan harinya Bandung Bondowoso memanggil balatentaranya yang berupa
Jin untuk berkumpul, dan langsung berangkat ke Kerajaan Prambanan. Setibanya di
Prambanan, mereka langsung menyerbu masuk ke dalam istana Prambanan. Prabu Baka
dan pasukannya kalang kabut, karena mereka kurang persiapan. Akhirnya Bandung
Bondowoso berhasil menduduki Kerajaan Prambanan, dan Prabu Baka tewas karena
terkena senjata Bandung Bondowoso.
Kemenangan
Bandung Bondowoso dan pasukannya disambut gembira oleh Raja Pengging. Kemudian
Raja Pengging pun mengamanatkan Bandung Bondowoso untuk menempati Istana
Prambanan dan mengurus segala isinya, termasuk keluarga Prabu Baka. Pada saat
Bandung Bondowoso tinggal di Istana Kerajaan Prambanan, dia melihat seorang
wanita yang sangat cantik jelita. Wanita tersebut adalah Roro Jonggrang, putri
dari Prabu Baka. Saat melihat Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso mulai jatuh
hati. Dengan tanpa berpikir panjang lagi, Bandung Bondowoso langsung memanggil
dan melamar Roro Jonggrang.
“Wahai
Roro Jonggrang, bersediakah seandainya dikau menjadi permaisuriku?”, Tanya
Bandung Bondowoso pada Roro Jonggrang.
Mendengar
pertanyaan dari Bandung Bondowoso tersebut, Roro Jonggrang hanya terdiam dan
kelihatan bingung. Sebenarnya dia sangat membenci Bandung Bondowoso, karena
telah membunuh ayahnya yang sangat dicintainya. Tetapi di sisi lain, Roro
Jonggrang merasa takut menolak lamaran Bandung Bondowoso. Akhirnya setelah
berfikir sejenak, Roro Jonggrang pun menemukan satu cara supaya Bandung
Bondowoso tidak jadi menikahinya.
“Baiklah,
aku menerima lamaranmu. Tetapi setelah kamu memenuhi satu syarat dariku”, jawab
Roro Jonggrang.
“Apakah
syaratmu itu Roro Jonggrang?”, tanya Bandung Bandawasa.
“Buatkan
aku seribu candi dan dua buah sumur dalam waktu satu malam”, Jawab Roro
Jonggrang.
Mendengar
syarat yang diajukan Roro Jonggrang tersebut, Bandung Bondowoso pun langsung
menyetujuinya. Dia merasa bahwa itu adalah syarat yang sangat mudah baginya,
karena Bandung Bondowoso mempunyai balatentara Jin yang sangat banyak. Pada
malam harinya, Bandung Bandawasa mulai mengumpulkan balatentaranya. Dalam waktu
sekejap, balatentara yang berupa Jin tersebut datang. Setelah mendengar
perintah dari Bandung Bondowoso, para balatentara itu langsung membangun candi
dan sumur dengan sangat cepat.
Roro
Jonggrang yang menyaksikan pembangunan candi mulai gelisah dan ketakutan,
karena dalam dua per tiga malam, tinggal tiga buah candi dan sebuah sumur saja
yang belum mereka selesaikan. Roro Jonggrang kemudian berpikir keras, mencari
cara supaya Bandung Bondowoso tidak dapat memenuhi persyaratannya. Setelah
berpikir keras, Roro Jonggrang akhirnya menemukan jalan keluar. Dia akan
membuat suasana menjadi seperti pagi,sehingga para Jin tersebut menghentikan
pembuatan candi.
Roro
Jonggrang segera memanggil semua dayang-dayang yang ada di istana.
Dayang-dayang tersebut diberi tugas Roro Jonggrang untuk membakar jerami,
membunyikan lesung, serta menaburkan bunga yang berbau semerbak mewangi.
Mendengar perintah dari Roro Jonggrang, dayang-dayang segera membakar jerami.
Tak lama kemudian langit tampak kemerah merahan, dan lesung pun mulai
dibunyikan. Bau harum bunga yang disebar mulai tercium, dan ayam pun mulai
berkokok. Melihat langit memerah, bunyi lesung, dan bau harumnya bunga
tersebut, maka balatentara Bandung Bondowoso mulai pergi meninggalkan
pekerjaannya. Mereka pikir hari sudah mulai pagi, dan mereka pun harus pergi.
Melihat
Balatentaranya pergi, Bandung Bondowoso berteriak: “Hai balatentaraku, hari
belum pagi. Kembalilah untuk menyelesaikan pembangunan candi ini !!!”
Para
Jin tersebut tetap pergi, dan tidak menghiraukan teriakan Bandung Bondowoso.
Bandung Bondowoso pun merasa sangat kesal, dan akhirnya menyelesaikan
pembangunan candi yang tersisa. Namun sungguh sial, belum selesai pembangunan
candi tersebut, pagi sudah datang. Bandung Bondowoso pun gagal memenuhi syarat
dari Roro Jonggrang.
Mengetahui
kegagalan Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang lalu menghampiri Bandung Bondowoso.
“Kamu gagal memenuhi syarat dariku, Bandung Bondowoso”, kata Roro Jonggrang.
Mendengar
kata Roro Jonggrang tersebut, Bandung Bondowoso sangat marah. Dengan nada
sangat keras, Bandung Bondowoso berkata, “Kau curang Roro Jonggrang. Sebenarnya
engkaulah yang menggagalkan pembangunan seribu candi ini. Oleh karena itu,
Engkau aku kutuk menjadi arca yang ada di dalam candi yang keseribu!”
Berkat
kesaktian Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang berubah menjadi arca/patung. Wujud
arca tersebut hingga kini dapat disaksikan di dalam kompleks candi Prambanan,
dan nama candi tersebut dikenal dengan nama candi Roro Jonggrang. Sementara
candi-candi yang berada di sekitarnya disebut dengan Candi Sewu atau Candi
Seribu.
13. Pada
cuplikan cerpen Roro Jonggrang dipaparkan bahwa Bandung Bondowoso hampir
berhasil menyelesaikan seribu candi, kemudian Roro Jonggrang berpikir untuk
bagaimana cara agar candi yang dibangun tidak selesai. Cara apakah yang Roro
Jonggrang lakukan…
a. Memerintah
dayang-dayang, membunyikan lesung, dan menaburkan bunga yang berbau wangi
b. Membunyikan
lesung, memerintah dayang-dayang, membangunkan ayam agar berkokok
c. Menaburkan
bunga yang berbau wangi, membunyikan lesung, mengusir jin
d. Membunyikan
lesung, membakar jerami, dan menaburkan bunga yang berbau wangi
14.
Amanat apa yang terkandung di dalam cerita pendek Roro Jonggrang? Jelaskan!
15.
Sesuaikan mana yang benar dari cerpen Roro Jonggrang pada pernyataan berikut
ini
dengan
memberi tanda panah!
![]() |
||||
![]() |
||||
![]() |
||||
![]() |
||||
![]() |
||||
![]() |
||||
![]() |
||||
![]() |
||||
16.
Apakah pernyataan dalam tabel
berikut didukung oleh bacaan cerpen di atas beri tanda
centang
pada yang benar atau salah!
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Bandung Bondowoso membuat sendiri
candi-candi yang diminta oleh Rara Jonggrang. |
|
|
Bandung Bondowoso gagal membuat
seribu candi yang diminta Roro Jonggrang. |
|
|
Roro Jonggrang berbuat curang
agar Bandung Bondowoso tidak bisa menyelesaikan seribu candi. |
|
|
Roro Jonggrang membenci Bandung
Bondowoso kerena telah membunuh ayahnya. |
|
|
Prabu Baka dan pasukannya siap
menghadapi Bandung Bondowoso yang menyerang kerajaannya. |
|
|
Bacalah
teks berikut untuk nomor 17-20!
Agnes
Monica Muljoto dikenal dengan nama panggungnya Agnez Mo (lahir 1 Juli 1986),
adalah penyanyi Indonesia, penulis lagu dan aktris. Lahir di Jakarta, ia
memulai kariernya di industri hiburan pada usia enam tahun sebagai penyanyi
cilik. Dia telah merekam tiga album dan sempat menjadi presenter dari program
televisi beberapa anak. Tahun 2003, Mo merilis album dewasa pertamanya yang berjudul
And the Story Goes, yang melambungkan namanya di industri musik Indonesia.
Keberhasilan
mo’s di tanah air mendorongnya untuk menetapkan target untuk mendapatkan karir
di kancah musik internasional. Pada album kedua yang dirilis pada tahun 2005,
Whaddup A.. ‘?, dia berkolaborasi dengan penyanyi Amerika Keith Martin untuk
single “I Light a Candle”. Mo juga ambil bagian dalam dua seri drama Taiwan,
The Hospital dan Romance In The White House.
Mo
memenangkan penghargaan dua tahun berturut-turut pertunjukan untuknya dalam
Festival Lagu Asia di Seoul, Korea Selatan, pada 2008 dan 2009. Dengan album
ketiga, Sacredly Agnezious (2009), dia mulai terlibat sebagai produser dan
penulis lagu. Pada tahun 2010, ia diangkat sebagai seorang hakim di acara
bakat, Indonesian Idol.
Dia
menandatangani kesepakatan rekaman dengan Partai Cherry, label memberanikan
diri dengan Sony Music Entertainment. Mo telah merilis dua singel
internasional, “Botol Coke” (featuring Timbaland dan TI) dan “Anak laki-laki
Magnet”.
Selain
sukses komersial, Mo adalah penyanyi dengan jumlah yang paling penghargaan di
Indonesia. Ia telah memenangkan puluhan trofi, termasuk 17 Anugerah Musik
Indonesia, 8 Panasonic Awards, 5 Nickelodeon Indonesia Kids’ Choice Awards, dan
4 MTV Indonesia Awards. Ia Raih Penghargaan Best Asian Artist Award pada 2012
Mnet Asian Music Awards di Korea Selatan. Selain itu, dia telah dipercaya untuk
menjadi Duta besar anti-narkoba di Asia serta Duta besar MTV KELUAR dalam
memerangi perdagangan manusia.
Masa
kecil dan awal karier
Agnes
Monica Muljoto lahir di Jakarta, Indonesia, sebuah keluarga keturunan Cina. Dia
adalah anak bungsu dari Jenny Siswono, pemain Tenis Meja mantan, dan Ricky
Muljoto, pemain bola basket mantan. Kakaknya, Steve Muljoto, adalah manajer
nya. Dia bersekolah di SD Tarakanita dan Pelita Harapan SMP/SMA. Dia bakat
mereka dalam seni pertunjukan telah sudah terlihat di kecil, terutama dalam
bernyanyi. Ia bernyanyi di gereja dan juga dikirim ke kursus vokal.
Menggunakan
Agnes Monica sebagai nama panggung, dia memasuki industri hiburan tahun 1992
dengan anaknya pertama album, Si Meong.In 1995, ia merilis album keduanya, ya!,
yang mencakup berduet dengan penyanyi cilik, Eza Yayang. Anaknya terakhir
album, Bala-Bala, dirilis tahun berikutnya. Agnes juga menjadi tuan rumah untuk
anak-anak beberapa program, termasuk Video Anak Anteve (VAN) pada Anteve,
terfavorit di RCTI, dan Romeo Diva di Trans TV. Dia dianugerahi “Pembawa acara
anak-anak” pada Panasonic Awards pada tahun 1999 dan 2000 untuk terfavorit.
Agnes
mulai bertindak sebagai seorang remaja. Perannya dua berada di sinetron: Lupus
Millenia dan Mr Hologram pada tahun 1999. Tahun berikutnya, ia membintangi
serial TV, Pernikahan Dini, yang berfungsi sebagai titik balik dalam kariernya
dengan mengubah citranya yang seorang artis cilik ke salah satu artis remaja.
Produksi diterima dengan baik oleh khalayak, dan dia menerima penghargaan
“Aktris Terfavorit” pada Panasonic Awards tahun 2001 dan 2002, serta
penghargaan “Aktris Ngetop” pada tahun 2002 SCTV Awards. Pada tahun 2002, Mo
membintangi tiga sinetron: Ciuman Pertama, Kejar Daku Kau Ku Tangkap dan
Amanda. Karena popularitas nya, ia menjadi tertinggi artis remaja dengan
bayaran di Indonesia.
Agnes
mulai cerdas nya dalam musik industri dengan Melly Goeslaw menulis lagu
“Pernikahan Dini” dan “Seputih Hati” untuk soundtrack Pernikahan Dini. Dua lagu
yang ditampilkan di album kompilasi 2001, tema cinta. Agnes menandatangani
kontrak rekaman dengan Aquarius Musikindo dan mulai bekerja pada album
terobosan remaja. Dia juga berkolaborasi dengan penyanyi, Yana Julio dalam lagu
“Awan dan Ombak” dalam album tahun 2002, Jumpa Lagi.
17. Berapakah usia Agnes Mo sekarang?
A.
34 tahun
B.
35 tahun
C.
36 tahun
D.
37 tahun
18. Berdasarkan teks diatas pernyataan-pernyataan
berikut mendukung bacaan Agnes Mo.
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Ayah
Agnes Mo adalah pemain Bola Basket |
|
|
Ibunya
seorang pemain tenis meja |
|
|
Sedangkan
kakaknya adalah maneger Agnes Mo |
|
|
Agnes
Mo sendiri seorang pemain Bulu Tangkis |
|
|
19.
Jodohkan pernyataan dan maksud pernyataan yang logis dalam table berikut sesuai
bacaan Agnes Mo!
No. |
Pernyataan |
Maksud |
1. |
Raih
penghargaan Best Asian Artist Award |
1995 |
2. |
Agnes
Mo meliris album kedua |
1999 |
3. |
Memerankan
sinetron Lupus Milenie |
2010 |
4. |
Juri
Indonesian Idol |
2012 |
20.
Pekerjaan Agnes Mo adalah….
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Penyanyi |
|
|
Penulis lagu |
|
|
Programmer |
|
|
Aktris |
|
|
21.
Bacalah kutipan cerpen berikut!
Paijo terus pergi, dan orang-orang kembali. Para
perempuan dan laki-laki penabuh itu tentu akan dapat marah dari Kasan Ngali,
pasti sudah. Paijo tertawa keras-keras, “ Hi-hu! Tahu rasa! Hi-hu!” Tiba-tiba
Pak Mantri sudah ada di belakang Paijo.
“Nak, ke sinilah,”ajak Pak Mantri.
Ah, alangkah malu tertawa keras diketahui Pak Mantri. Paijo
menyesali perbuatan itu. Alangkah hinanya tertawa begitu. Urakan! Tiba di
kantor, kata Pak Mantri:
“Tidak pantas tertawa begitu, Nak!”
Hah, betul. Pak Mantri
menegurnya. Paijo malu lagi. Mukanya merah. Sudah besar begitu masih
harus dinasehati pula. “Sebentar lagi engkau akan jadi orang lain, Nak. Setiap
orang harus sadar akan kedudukannya. Tukang gerobak boleh tertawa keras. Tetapi
seorang kepala pasar tidak. Seorang guru tidak. Lagi pula yang penting,
ingatlah bahwa kau orang Jawa. Ketika engkau gembira, ingatlah pada suatu kali
kau akan mendapat kesusahan. Apalagi menertawakan nasib buruk orang lain, Nak.
Jangan, sekali-kali jangan. Orang yang berpangkat harus berbuat baik, suka
menolong. Kalau ada yang kesusahan, harus bisa membantu. Jangan malah menertawakan.
Kalau tidak bisa membantu, menyesallah. Dan berjanjilah suatu kali kau akan
membantu. Sebaliknya, ikut berduka cinta atas kemalangan orang lain. Engkau
boleh tertawa apabila saudaramu beroleh kesukaan. Bersusahlah bersama orang
yang susah, bergembiralah bersama orang yang bergembira. Renenungkanlah, Nak,
“Pakak Mantri menarik napas. Paijo mengangkat muka.
“Ya, Pak. Betul.”
Keduanya bertatapan. Laki – laki tua mengangguk-angguk.
Pak Mantri bertepuk tangan “Engkau suka tembang?”
“Ya,Pak.”
“Bagus. Orang Jawa harus suka sastra! Hilangkan susah!
Mari kita bersenang. Bukan karena orang lain susah, tetapi karena kita telah
berhasil. Coba, Nak. Saya ada beberapa tembang. Yang saya buat baru saja.
Tembangkan, ya?”
Mati! Jabatan kepala pasar itu rupanya harus dilalui
dengan ujian menembang.
Dikutip
dari: Kuntowijoyo, Pasar, Yogyakarta, Mata Angin, 2016
21. Bagaimana sifat Pak Mantri dalam cerita tersebut!
a. Bijaksana
b. Menolong
c. Menertawakan
d. Empati
22. Setelah
membaca teks cerita tersebut, Setujukah kamu dengan pernyataan-pernyataan
berikut? Berilah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai!
Pernyataan |
Setuju |
Tidak setuju |
Tindakan Pak Mantri mengambarkan keluasan hati seorang
pejabat. Pak Mantri dengan sabar menasehati Paijo agar menjadi pribadi yang
peduli dengan orang lain |
|
|
Tindakan Pak Mantri mencerminkan pejabat yang
bijaksana. Pak Mantri mengajarkan Paijo menjadi pribadi yang menjunjung
tinggi adat warisan leluhur. |
|
|
Tindakan Pak Mantri mencerminkan seorang pejabat yang
baik. Pak Mantri dengan bijaksana menasihati Paijo agar mempunyai empati
kepada orang lain. |
|
|
23. Berilah
tanda centang (V) pada kolom Ya
untuk pernyataan yang sesuai dengan isi cerita dan kolom Tidak untuk pernyataan yang tidak sesuai!
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Paijo malu ditegur Pak Mantri |
|
|
Paijo marah mendengar nasihat pak Mantri |
|
|
Pak Mantri mengajak Paijo untuk menembang |
|
|
Pak Mantri lega setelah menasehati Paijo |
|
|
24. Bacalah teks berikut untuk nomor 24-26!
Raden Ajeng Kartini atau yang lebih dikenal
dengan sebutan Ibu Kartini. Dia merupakan keturunan dari keluarga yang
terpandang dan lahir pada tanggal 21 April 1879. Satu hal yang diwariskan oleh
keluarganya adalah pendidikan. Kartini pernah merasakan duduk dibangku sekolah
dasar hingga ia tamat di sekolah dasar. Karakternya yang haus akan ilmu
pengetahuan, membuatnya untuk terus melanjutkan ke jenjang pendidikan yang
lebih tinggi. Namun, ayahnya tidak memberikan izin kepada Kartini untuk dapat
melanjutkan pendidikannya. Mengetahui sikap ayahnya, Kartini sangat sedih namun
dia tidak bisa mengubah keputusan ayahnya.
Kartini tidak boleh lagi keluar rumah sampai
waktunya dia menikah atau istilahnya dipingit. Untuk menghilangkan rasa
jenuhnya itu, Kartini menghabiskan waktunya untuk membaca buku ilmu pengetahuan
yang ia miliki. Hobbinya yang suka membaca ini menjadi rutinitas harian
Kartini. Bahkan, dia tidak segan untuk bertanya kepada ayahnya bila ada hal
yang ia tidak mengerti atau kurang paham. Lambat laun, pengetahuan yang ia
miliki semakin bertambah dan wawasannya pun menjadi lebih luas.
Banyak karya dan pemikiran wanita Eropa yang
ia kaguminya. Terlebih kebebasan mereka untuk bisa terus bersekolah. Rasa kagum
itu sangat menginspirasinya untuk dapat memajukan wanita di Indonesia. Dalam
sudut pandangnya, wanita tidak hanya harus bisa dalam urusan belakang rumah
tangga saja. Tapi lebih dari itu, wanita juga harus bisa dan punya wawasan dan
ilmu yang lebih luas lagi. Dia pun mulai bergerak untuk mengumpulkan teman-teman
wanitanya untuk diajari baca dan menulis. Semakin hari, Kartini semakin
disibukkan dengan aktivitas membaca dan mengajarnya.
Kartini juga mempunyai banyak teman di
Belanda dan sering sekali berkomunikasi dengan mereka. Bahkan dia sempat
memohon kepada Mr. J.H. Abendanon untuk dapat memberinya beasiswa untuk
bersekolah di Belanda. Belum sempat permohonan tersebut dikabulkan, dia sudah
dinikahkan dengan Adipati Rembang yang bernama Raden Adipati Oyodiningrat.
Berdasarkan data sejarah, R.A Kartini ikut dengan suaminya ke Rembang setelah
mereka menikah.
Walau begitu, cita-cita Kartini tidak padam
begitu saja. Beruntung sekali ia memiliki suami yang sangat mendukung
cita-citanya. Berkat kegigihan serta dukungan oleh sang suami, Kartini mampu
mendirikan sekolah wanita di berbagai daerah. Seperti di daerah Semarang,
Surabaya, Yogyakarta, Madiun, Malang, Cirebon, dan daerah yang lainnya. Waktu
itu, sekolah wanita dikenal dengan sebutan Sekolah Kartini.
Kartini adalah seorang wanita Jawa yang
mempunyai pandangan melebihi zamannya pada saat itu. Meski dia sendiri
terbelenggu oleh zaman yang mengikatnya dengan adat istiadat. Pada tanggal 17
September 1904, Kartini meninggal dunia setelah melahirkan anak pertama dan
satu-satunya. Dia adalah salah satu wanita yang menjadi pelopor emansipasi
wanita di tanah Jawa. Surat-surat korespondensinya dengan teman-temannya di
Belanda kemudian dibukukan oleh Abendanon dengan judul “Door Duistemis Tot
Licht” atau yang biasa kita kenal sebagai “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Buku ini
merupakan salah satu buku yang banyak menginspirasi wanita di Indonesia. Tidak
hanya wanita pada zamannya, namun hingga pada saat ini.
Sesuai dengan Keppres No.108 Tahun 1964,
Kartini resmi diberi gelar menjadi seorang pahlawan nasional oleh pemerintah
Indonesia. Keppres ini juga menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini.
Namanya kini, diabadikan sebagai nama jalanan dibeberapa daerah di Indonesia.
Tidak hanya di kota-kota di Indonesia saja, melainkan di kota-kota di Belanda.
Seperti di kota Trecht, Venlo, Amsterdam, dan Harleem. Dan bahkan WR. Supratman
membuatkan sebuah lagu untuk mengenang jasa-jasa yang sudah dilakukan oleh RA.
Kartini. Lagunya berjudul “Ibu Kita Kartini”.
24.
Perhatikan bacaan diatas!
Beberapa tulisan di forum itu sesuai dengan topik, tapi
beberapa tulisan lainnya tidak.
Berilah tanda √ (centang) pada pilihan Benar jika tulisan
relevan dengan teks!
Berilah
tanda √ (centang) pada pilihan Salah
jika tulisan tidak relevan teks!
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Karena
Hobinya ia mempunyai banyak pengetahuan . |
|
|
Kartini
memberontak terhadap keputusan ayahnya . |
|
|
Sudah 57
tahun R. A Kartini mendapat gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah
Indonesia. |
|
|
Suami R. A
Kartini adalah orang yang otoriter . |
|
|
25. Berdasarkan teks diatas, apakah pernyataan-pernyataan pada
tabel berikut merupakan fakta atau opini?
Pernyataan |
Fakta |
Opini |
Kartini
bisa berhasil karena dukungan dari keluarga dan suami. |
|
|
Kartini
bisa mempunyai banyak pengetahuan karena beliau punya hobby membaca. |
|
|
Katini
Meninggal saat usianya 25 Tahun . |
|
|
Suami
Kartini adalah orang dari golongan bangsawan . |
|
|
26. Perhatikan bacaan diatas !
Apakah
pernyataan berikut sesuai dengan teks diatas !
Klik
pada pilihan Ya atau Tidak pada setiap pernyataan.
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Kartini duduk dibangku sekolah dasar hingga ia
tamat di sekolah dasar |
|
|
Beliau membuat buku yang berisi
surat-surat untuk temannya di belanda |
|
|
Dia adalah satu-satunya wanita
yang menjadi pelopor emansipasi wanita di Pulau Jawa . |
|
|
WR. Supratman membuat sebuah
puisi untuk mengenang jasa yang dilakukan oleh RA. Kartini |
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar