Soal AKM
Bacalah teks cuplikan cerpen berikut ini
untuk mengerjakan soal nomor 1-4 !
Seragam Reka
Matahari lagi malu-malu buat bersinar, justru
embun yang dengan gampangnya menyeruak bikin pagi itu terasa lebih gelap serta dingin.
Terlihatlah sosok remaja laki-laki yang lagi menggosok punggung tangannya untuk
memberikan sedikit rasa hangat. Seragam putih birunya sama sekali tak membantu
bikin tubuhnya hangat. Tapi dia masih bersyukur hujan tak turun dan bikin
seragamnya makin kusam.
Dia terus memerhatikan lampu lalu lintas
dengan sangat cermat hingga tak akan terlewatkan perubahan warnanya. Saat lampu
berubah jadi merah, Reka jalan nerobos lalu lintas untuk menjajakan koran. Tak
jarang kadang Reka nerima penolakan, bahkan ada yang beri tatapan sinis
padanya. Sebenarnya apa sih salahnya? Ini kan pekerjaan halal bukan nyuri
ataupun hal buruk yang lainnya. “Woi Reka! Cepattan udah mau masuk nih”
ujar seorang remaja yang pakek seragam putih biru kayak Reka yang lewat di depan
Reka dengan motor miliknya. Reka tersenyum “Iya, ini bentar lagi gue nyusul
kok” ucap Reka sambil menyusuri jalan yang mulai padat dengan kendaraan. Saat
udah di pinggir jalan Reka masukin sisa korannya ke dalam tas. Walau masih sisa
cukup banyak, Reka harus bersyukur karna hari ini emang sebesar inilah
rezekinya.
Koran sisa ini tak bisa dijual lagi karna
saat siang sudah tak ada yang nyari koran. Sedangkan Reka tak dapat melanjutkan
berjualan karena jam masuk telah mulai mendekat. Namun seenggaknya hari ini adiknya
di rumah dapat makan siang nanti setelah Reka pulang dari sekolahnya.
1. Amanat yang bisa diambil dari cerpen
tersebut adalah ....
A. Kita harus berjualan koran
B. Kita tidak boleh malu dengan keadaan
C. Kita tidak boleh menyerah dengan
keadaan
D. Kita harus selalu bersyukur
2. Tokoh yang terlibat dalam teks cerpen
tersebut adalah ....
Berilah tanda cek (V) pada
jawaban yang benar!
Reka
|
|
|
3.
Bukti
bahwa Reka seorang yang religius terdapat pada kalimat ....
Berilah tanda cek (v) pada jawaban yang benar !jawaban lebih dari
satu !
|
|
|
|
4.
Bagaimana
latar cerpen “Seragam Reka” .
Berilah tanda cek (v) pada jawaban yang tepat
lebih dari satu!
|
|
|
|
Bacalah teks berikut ini untuk
menjawab soal nomor 5 – 10 !
Kelelawar
Pengecut
Di sebuah padang
rumput ada seekor singa sedang menyantap daging.Tiba-tiba,burung elang
menyambarnya.Singa pun marah dan menyatakan perang terhadap bangsa
burung.Segala jenis burung akan menjadi musuhnya.Pada malam hari kelompok yang
dipimpin singa melakukan serangan.Bangsa burung kalah.Melihat kondisi
itu,kelelawar merasa cemas.Ia pun segera menemui raja hutan.Kelelawar
mengatakan bahwa dirinya termasuk bangsa tikus meski mempunyai sayap.Karena itu, dia ingin
bergabung.Snga pun mengijinkannya.
Pada keesokan
harinya ketika kelompok singa sedang istirahat,kelompok burung menyerang
balik.Kelelawar pun merasa cemas sehingga dia berpikir untuk bergabung dengan
bangsa burung. Kelelawar menemui elang.Elang pun menerima dengan senang
hati.Selama pertempuran antara kelompok elang dengan kelompok singa,kelelawar
bolak-balik berpihak kepada kelompok yang menang.
(sumber google/.com/search= cerita+fabel)
5.
Di sebuah padang rumput ada seekor singa sedang menyantap daging.
Makna kata padang rumput pada
kalimat tersebut adalah...
A. tanah
lapangan
B. tanah
luas yang ditumbuhi rumput
C. kebun
yang ditumbuhi rumput
D. padang
pasir yang ditumbuhi rumput
6. Berdasarkan
cerita yang berjudul “ Kelelawar
Pengecut” Pilihlah pernyataan yang
sesuai
dengan teks cerita fabel.Beri tanda cek (v)
pada kolom.
Pernyataan |
Sesuai |
Tidak
Sesuai |
Kelelawar
mengatakan bahwa dirinya termasuk bangsa tikus meski
mempunyai sayap |
|
|
Singa
pun marah dan menyatakan perang terhadap bangsa burung |
|
|
Kelelawar
bolak-balik berpihak pada kelompok yang menang |
|
|
Singa
pun marah menyatakan segala jenis
burung akan menjadi sahabatnya |
|
|
7. Berikut pelajaran yang dapat kita teladani dari cerita
tersebut.Silakan pilih
beberapa pernyataan yang paling
tepat.Beri tanda cek (v) pada kolom
“Benar atau Salah”
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Jangan
merebut sesuatu yang menjadi hak orang lain |
|
|
Jangan
bergabung dengan kelompok yang mendapatkan kemenangan |
|
|
Dalam
pertempuran Jangan berpihak
kepada kelompok yang menang |
|
|
Jangan
menjadi seorang pengecut karena tidak akan mempunyai teman |
|
|
8.
Tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita adalah….
Soal berikut
jawaban bisa lebih dari satu!
o
singa
o
kelelawar
o
raja hutan
o
elang
o
burung
o
tikus
9. Watak yang
dimiliki oleh kelelawar adalah ….
10.Amanat yang
dapat diteladani dari cerita yang
berjudul “ Kelelawar Pngecut” adalah ....
Bacalah teks iklan berikut untuk mengerjakan
nomor soal 11 -15 !
DIBUTUHKAN SEGERA Perusaahaan yang bergerak di bidang Tekstil ( Polyester Woven dan Kniting) Membutuhkan posisi untuk
jabatan sebagai berikut: MARKETING (SALES) LOKAL Kualifikasi: -
Pria/wanita
usia maksimal 35 tahun -
Pendidikan
minimal D3 semua jurusan(IPK MIN.2,75) -
Pengalaman
sebagai Marketing (Sales) Lokal di bidang tekstil -
Mempunyai
kemampuan komunikasi yang baik Lamaran kirim ke :’AKEK” PO BOX 7800 BDSS Bandung 40232 |
11.Teks tersebut
merupakan iklan lowongan pekerjaan.Pekerjaan yang dibutuhkan adalah….
A. pegawai
B. Manager
C. Sales
D. Kurir
12. Berilah tanda cek(v) pada pernyataan
berikut sesuai dengan isi iklan tersebut!
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Perusahaan
bergerak di bidang jasa kirim barang |
|
|
Perusahaan
membutuhkan sales marketing |
|
|
Pendidikan
pelamar minimal D3 |
|
|
Pelamar mampu
berkomunikasi dengan baik |
|
|
13.Berilah tanda
cek(v) pada pernyataan yang sesuai berdasarkan teks iklan tersebut!
Pernyataan |
Setuju |
Tidak setuju |
Pelamar yang
berusia 35 tahun masih bisa mendaftar lowongan pekerjaan tersebut |
|
|
Berkas lamaran
dibawa oleh pelamar langsung ke Bandung |
|
|
Pria maupun
wanita boleh melamar pekerjaan tersebut |
|
|
Posisi yang
dibutuhkan sales lokal |
|
|
14.Berilah tanda
cek(v) pada pernyataan di bawah ini sesuai dengan fakta dan opini yang tedapat
pada teks iklan tersebut!
Pernyataan |
Fakta |
Opini |
PO BOX 7800 BDSS
Bandung 40232 |
|
|
Mempunyai
kemampuan komunikasi yang baik |
|
|
Membutuhkan
posisi untuk jabatan sebagai berikut: MARKETING (SALES)
LOKAL |
|
|
Pendidikan
minimal D3 semua jurusan(IPK MIN.2,75) |
|
|
15. Jodohkan isi
pernyataan iklan di bawah ini sesuai dengan isi iklan tersebut!
Isi Iklan |
|
Pernyataan |
||
Kaulifikasi
pelamar |
|
|
Jabatan
marketing (sales) |
|
Posisi yang
dibutuhkan |
|
|
Calon Marketting |
|
Sumber iklan |
|
|
Usia maksimal 35
tahun |
|
Sasaran iklan |
|
|
Perusahaan di
bidang tekstil |
Pahamilah
teks berikut untuk menjawab nomor soal 16 s.d.18!
Mengenang
Katherine Johnson, Manusia Komputer dari NASA
Sumber: tekno.tempo.co/read/1314311/mengenang-katherine-johnson-manusia-komputer-dari-nasa
Disadur oleh: Tyas.
Senin,
2 Maret 2020, 09:57 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga
Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat NASA kehilangan orang yang sangat
penting dalam bidang upaya eksplorasi luar angkasa awal Amerika. Orang itu
adalah seorang matematikawan yang dijuluki manusia komputer, yaitu Katherine
Johnson. Ia telah meninggal pada usia 101 tahun pada 24 Februari 2020.
Administrator NASA Jim Bridenstine
melalui akun Twitter-nya mengabarkan berita duka itu. "Dia adalah pahlawan
Amerika dan warisan kepeloporannya tidak akan pernah dilupakan," bunyi
unggahan Bridenstine, seperti dikutip VOA News, akhir pekan lalu.
Katherine adalah perempuan
keturunan Afrika-Amerika yang bekerja dalam program luar angkasa NASA. Dia dan
rekan-rekannya dikenal sebagai manusia komputer pada tahun-tahn awal upaya NASA
untuk memulai program misi luar angkasa.
Mereka menggunakan pensil,
penggaris geser, dan mesin penghitung mekanis untuk menghitung jalur roket dan
pengorbit di atmosfer dan di luar angkasa. Katherine bekerja pada misi pertama
untuk menempatkan orang Amerika di luar angkasa pada tahun 1961. Dia juga
mengonfirmasi perhitungan komputer yang dibuat oleh komputer IBM pada 1962.
Katherine sempat menerima
Presidential Medal of Freedom dari Presiden Barack Obama pada 2015. Saat itu,
Administrator NASA Charles Bolden memujinya sebagai pemikir besar yang ikut
menentukan arah perkembangan NASA dan Amerika Serikat.
Katherine tumbuh di Virginia Barat
saat pendidikan bagi orang Afrika-Amerika dibatasi. Namun, kecerdasan otak
membawanya ke West Virginia State College pada usia 15 tahun. Dia juga
merupakan salah satu murid kulit hitam pertama yang memasuki sekolah
pascasarjana di West Virginia University pada 1938.
Kemudian, Katherine bekerja untuk
sebuah lembaga yang kini bernama NASA dan pensiun pada 1986. Dia mengatakan
sangat bangga menghitung jalur untuk pendarat bulan dan pesawat ruang angkasa
komando yang mengorbit untuk perjalanan pertama ke bulan, Apollo 11.
Katherine menggambarkan
kemampuannya di NASA dengan menjelaskan, "Anda beri tahu saya kapan dan di
mana Anda ingin turun, dan saya akan memberi tahu Anda di mana dan kapan, serta
bagaimana cara meluncurkannya," katanya.
Sepanjang masa pendidikannya,
Katherine Jonhson berkata bahwa dia berhasil karena dia selalu bertanya–bahkan
saat orang-orang mencoba mengabaikannya, dia tetap mengangkat tangannya.
---
16. Khaterine Johnson mampu bersekolah di West
Virginia State College saat pendidikan bagi orang Afrika-Amerika dibatasi di
Virginia Barat. Hal tersebut disebabkan oleh ....
A
kemampuan yang luar biasa
B
kesehatan yang tidak memadai
C
orang tua yang pindah kerja
D
rasisme yang berkembang
17. Katherine Johnson dikenal sebagai
seorang ….
A Astronot
B Matematikawan
C Komputer
D Robot
18.Berilah tanda
cek (v) pada kolom yang tersedia !
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Katherine Johnson telah meninggal
pada usia 101 tahun pada 24 Februari 2020. |
|
|
Katherine adalah perempuan
keturunan Afrika-Asia |
|
|
Katherine sempat menerima
Presidential Medal of Freedom dari Presiden Barack Obama pada 2015 |
|
|
Katherine bekerja untuk sebuah lembaga
yang kini bernama NASA dan pensiun pada 1968. |
|
|
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan
21!
Liputan6.com,
Jakarta Kasus positif Covid-19 di Kota Depok masih
tergolong tinggi. Berdasarkan laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan
Covid-19 setempat, angka kasus positif hingga saat ini mencapai 23.369 orang.
Dengan laju
peningkatan setiap harinya hampir 250 orang pada bulan Januari 2021.
Melihat
kondisi tersebut, Kasubag Ekonomi Keuangan dan Pengamanan Pembangunan
Strategis pada Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok, Alfa Dera
memiliki cara tak biasa guna memutus penyebaran Covid-19 di Kota Depok. Dibagikannya sajadah kepada para
pengguna jalan.
Menurutnya,
sajadah yang diberikan dapat digunakan masyarakat saat beribadah di tempat
umum, sehingga mencegah penularan Covid-19.
"Hari
ini saja sudah kami berikan 200 sajadah dan akan dilakukan pemberian secara
berkelanjutan," ujar Alfa, Jumat (22/1/2021).
Bahkan
pada 8 dan 12 Januari 2021, penularan Covid-19 di Kota Depok mencapai 402 orang yang
terkonfirmasi positif.
"Sehingga
kami perlu membantu penekanan penyebaran Covid-19 di Kota Depok, yaitu dengan
memberikan sajadah," jelasnya.
19.Berilah tanda
cek(v) pada pernyataan di bawah ini sesuai dengan fakta dan opini yang tedapat
pada teks berita tersebut!
Pernyataan |
Fakta |
Opini |
|
|
|
Pada
tanggal dan 12 Januari 2021, penularan Covid-19 di Kota Depok mencapai 402 orang yang
terkonfirmasi positif. |
|
|
Menurutnya,
sajadah yang diberikan dapat digunakan masyarakat saat beribadah di tempat
umum, sehingga mencegah penularan Covid-19. |
|
|
laju
peningkatan setiap harinya hampir 250 orang pada bulan Januari 2021. |
|
|
20.Jodohkan paragraf dan ide pokok dari teks tersebut!
Paragraf |
|
Ide Pokok |
|||||
1 |
|
|
Laju peningkatan setiap harinya hampir
250 orang pada bulan Januari 2021. |
||||
2 |
|
|
Jakarta Kasus
positif Covid-19 di
Kota Depok masih
tergolong tinggi |
||||
3 |
|
|
Membantu penekanan penyebaran Covid-19 di
Kota Depok dengan memberikan sajadah |
||||
4 |
|
|
Penularan Covid-19 di Kota Depok mencapai 402 orang yang
terkonfirmasi |
21.Penyataan berikut yang sesuai dengan teks tersebut adalah….
Berilah tanda cek(v) pada pernyataan berikut ( jawaban boleh lebih
dari satu)!
Kota Depok masih
tergolong tinggi
"Hari ini
saja sudah kami berikan 220 sajadah dan akan dilakukan pemberian
secara
berkelanjutan," ujar Alfa, Jumat
(22/1/2021).
laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan
Covid-19 setempat, angka kasus positif
hingga saat ini
mencapai 23.369 orang.
laju
peningkatan setiap harinya hampir 250 orang pada bulan Januari 2021.
Bacalah teks berikut ini untuk mengejakan soal nomor
22 sampai dengan 26 !
Tantangan
Dunia Pendidikan di Masa Pandemi
Oleh yayat hendayana
28 October 2020
Jakarta – Pandemi Covid-19 telah
memberikan gambaran atas kelangsungan dunia pendidikan di masa depan melalui
bantuan teknologi. Namun, teknologi tetap tidak dapat menggantikan peran guru,
dosen, dan interaksi belajar antara pelajar dan pengajar sebab edukasi bukan
hanya sekedar memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang nilai, kerja sama,
serta kompetensi. Situasi pandemi ini menjadi tantangan tersendiri bagi
kreativitas setiap individu dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan dunia
pendidikan. Demikian dikatakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud,
Nizam, pada acara Medan International Conference on Energy and Sustainability,
Selasa (27/10).
“Saat ini pandemi menjadi tantangan
dalam mengembangkan kreativitas terhadap penggunaan teknologi, bukan hanya
transmisi pengetahuan, tapi juga bagaimana memastikan pembelajaran tetap
tersampaikan dengan baik,” tutur Nizam.
Pada saat yang bersamaan, lanjut
Nizam, tantangan ini juga menjadi kesempatan bagi semua tentang bagaimana penggunaan
teknologi dapat membantu membawa mahasiswa dan pelajar menjadi kompeten untuk
abad ke-21. Keterampilan yang paling penting pada abad ke-21 ialah self-directed
learning atau pembelajar mandiri sebagai outcome dari
edukasi.
Nizam menjelaskan masa pandemi ini
dapat melatih serta menanamkan kebiasaan menjadi pembelajar mandiri melalui
berbagai kelas daring atau webinar yang diikuti oleh mahasiswa. Selain itu,
mahasiswa juga dapat bekerja sama satu dengan yang lain untuk menyelesaikan
permasalahan dalam pembelajaran serta menghadapi permasalahan nyata yang ada.
Ia pun menambahkan bahwa situasi ini bukan hanya menjadi tantangan bagi
mahasiswa, namun juga para dosen dalam menyampaikan edukasi dimana para dosen
perlu memastikan bahwa mahasiswa memahami materi pembelajaran.
“Pembelajaran daring menjadi
tantangan bagi dunia pendidikan dengan situasi Indonesia yang memiliki ribuan
pulau. Bagaimana teknologi dapat digunakan, bagaimana penyediaan akses internet
pada daerah-daerah terpencil dimana barang elektronik tanpa akses internet pun
masih menjadi suatu kemewahan. Ini merupakan tantangan bagi semua pihak, saat
ini kita harus bekerja keras bersama bagaimana membawa teknologi menjawab
permasalahan nyata yang terjadi pada mahasiswa dan pelajar yang kurang beruntung
dalam hal ekonomi maupun teknologi yang berada di daerah-daerah terpencil,”
lanjutnya.
Kondisi pandemi Covid-19 juga
memaksa para pemangku kebijakan di bidang pendidikan untuk dapat menyesuaikan
diri dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penyesuaian ini diwujudkan melalui
kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM), dimana mahasiswa diberikan
kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi
baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di luar program studinya.
Adapun program-program pada masa
pandemi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi berupa
relawan pengendalian Covid-19 (RECON), KKN Tematik, Mengajar Dari rumah (MDR),
dan Permata Sakti. Seluruh program tersebut diikuti oleh ratusan ribu mahasiswa
di seluruh Indonesia.
Di sisi lain, Nizam pun menyampaikan masa pandemi ini
juga memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk keluar dari pandemi dan
menjadi green nation. Menurutnya, sejak pandemi hadir, lingkungan
menjadi lebih bersih akibat berkurangnya emisi gas buang, mengingat terbatasnya
aktivitas masyarakat di luar rumah.
(YH/DZI/FH/DH/NH/MFS/VAL/YJ/ITR)
Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
22.
Siapakah
yang mengatakan bahwa pandemi menjadi tantangan dalam mengembangkan kreativitas terhadap penggunaan teknologi?
A.
Yayat
Hendayana
B.
Direktur Jendral Pendikan Tinggi Kemendikbud
C.
Mahasiswa dan pelajar
D.
Humas Ditjen Dikti
23.
Perhatikan
seluruh informasi dalam teks tersebut, kemudian identifikasi pernyataan yang
berupa fakta atau opini. Berilah tanda cek (v) pada kolom berikut!
Pernyataan |
Fakta |
Opini |
Masa pandemi menjadi tantangan dalam dunia pendidikan. |
|
|
Masa pandemi memberi
kesempatan Indonesia menjadi green nation |
|
|
Masa pandemi mungkin
berpengaruh dalam dunia pendidikan |
|
|
Pembelajar mandiri merupakan
keterampilan yang terpenting pada abad 21 |
|
|
24.
Pasangkan
paragraf dan ide pokok dari teks tersebut!
Paragraf |
|
Ide Pokok |
|||||
1 |
|
|
Keterampilan terpenting yang diperlukan pada abad 21 |
||||
2 |
|
|
Pendapat
Nizam tentang tantangan mengembangkan kreativitas |
||||
3 |
|
|
Gambaran
atas kelangsungan dunia pendidikan |
||||
4 |
|
|
Penanaman pembiasaan menjadi pembelajar mandiri di masa pandemi |
25.
Berilah tanda cek(v) pada pilihan
yang
merupakan program yang dilakukan oleh Direktur Jendral Pendikan Tinggi untuk mahasiswa Indonesia!
|
Mengajar dari rumah
Permata sakti
Kampus Merdeka
26.
Penyataan
berikut yang sesuai dengan teks tersebut adalah….
Berilah tanda cek(v) pada pernyataan berikut ( jawaban boleh lebih dari satu)!
Teknologi tidak dapat mengantikan peran
guru, dosen dan interaksi belajar antara
pelajar dan pengajar
Nizam adalah Direktur Jendral Pendidikan
Tinggi Kemendikbud
Masa pendemi menjadikan pelajar
menguasai berbagai macam teknologi
Masa pandemi berarti semua dapat
meningkatkan kreativitas khususnya pelajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar